Rangkaian Perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Madiun

Warga Tionghoa,Rabu (30/1 - 2019), membersihkan rupang atau patung dewa di Tempat Ibadah Tri Dharma Hwie Ing Kiong, Kota Madiun, untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2570. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
31 Januari 2019 12:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Ratusan warga Tionghoa di wilayah Madiun Raya akan memadati Tempat Ibadah Tri Dharma Hwie Ing Kiong Madiun pada saat perayaan Tahun Baru Imlek pada Selasa, 5 Februari 2019 mendatang.

Selain warga lokal, diperkirakan ada warga asing dari Makau China juga datang untuk merayakan Tahun Baru Imlek di kelenteng yang berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto Kota Madiun itu.

Humas Kelenteng Hwie Ing Kiong Madiun, Lianawati, mengatakan Klenteng Hwie Ing Kiong memiliki rupang tuan rumah Dewi Laut atau Mazu Tian Shang Sheng Mu.

Dia mengklaim di Indonesia hanya ada dua kelenteng yang memiliki dewa utama Mazu Tian Shan Sheng Mu yaitu di Madiun dan Rembang, Jawa Tengah.

Lianawati menyampaikan pada saat perayaan Imlek tahun sebelumnya ada enam orang Makau yang datang ke Madiun untuk beribadah di kelenteng tersebut.

Namun, untuk tahun ini dirinya belum mengetahui apakah ada warga dari negeri atau tidak yang akan merayakan Imlek di kelenteng tersebut.

"Tahun lalu memang ada warga asing dari Makau yang datang ke sini untuk mengikuti ibadah," kata dia kepada wartawan di sela-sela membersihkan rupang, Rabu (30/1/2019).

Dia menuturkan berbagai kegiatan telah disiapkan pihak kelenteng untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2019.

Pada Senin (4/2/2019) akan ada pentas barongsai pada pukul 18.00 WIB-19.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pentas seni di gedung pertemuan Tri Dharma mulai pukul 18.30 WIB, dan ditutup dengan sembahyang.

Pada hari perayaan Sincia atau Selasa (5/2/2019) akan digelar pentas kesenian mulai pukul 18.00 WIB di gedung pertemuan Tri Dharma dan ditutup dengan sembahyang. Pada Minggu (17/2/2019) dilanjut dengan sembahyang Ji Xa.

Selanjutnya pada Selasa (19/2/2019) merupakan perayaan Cap Go Meh akan digelar sembahyang bersama dan pentas kesenian.

Pada perayaan Imlek tahun ini, kata Liana, masyarakat Tionghoa Madiun berharap semoga Indonesia terhindar dari berbagai bencana alam. Semoga, lanjut dia, Indonesia bisa damai dan aman. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya