Disdag Kota Madiun Gaungkan Gerakan Kembali ke Pasar

Tim Satgas Pangan mengecek harga kebutuhan barang pokok di Pasar Besar Madiun, Rabu (9/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
31 Januari 2019 04:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Madiun, Jawa Timur, bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kota Madiun untuk mempromosikan pasar tradisional melalui sebuah gerakan kembali ke pasar.

"Tujuannya untuk meramaikan pasar tradisional, supaya pasar tradisional tetap hidup dan tidak kalah dengan pasar modern," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Hariyono di Madiun, Selasa (29/1/2019).

Selain itu, Dinas Perdagangan juga telah memasang sambungan internet gratis atau wifi dengan menggandeng Dinas Kominfo. Layanan internet gratis tersebut telah tersebar di 19 pasar tradisional di Kota Madiun.

Dengan keberadaan internet gratis tersebut, lanjut Gaguk, para pedagang pasar dapat memanfaatkannya untuk berjualan dan mempromosikan barang dagangannya melalui media sosial atau berjualan dalam jaringan.

Gaguk Hariyono menjelaskan tahun ini Dinas Perdagangan ditargetkan bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp4 miliar atau naik dari tahun sebelumya sebesar Rp3,8 miliar.

Kenaikan target tersebut, ungkap dia, menyusul realisasi PAD tahun 2018 yang mampu melampaui target. "Alhamdulillah PAD 2018 sudah tercapai, bahkan melampaui yang ditargetk an," ujar Gaguk.

Dari target PAD 2018 yang dibebankan sebesar Rp3,8 miliar, jelas dia, Dinas Perdagangan Kota Madiun mampu merealisasikan sebesar Rp4,08 miliar atau sekitar 107,58 persen.

Gaguk optimistis target tahun 2019 akan kembali tercapai seperti tahun sebelumnya, terlebih Dinas Perdagangan kini telah mengelola 19 pasar tradisional. Pasar tersebut di antaranya Pasar Besar Madiun, Pasar Sleko, Pasar Sri Jaya, Pasar Winongo, Pasar Manisrejo, Pasar Manguharjo, Pasar Spor, Pasar Sono Keling, dan lainnya.

"Dengan pengelolaan 19 pasar tradisional, kami yakin mampu mencapai target tahun 2019, meskipun tanpa menaikkan tarif retribusi," kata dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara