Pengusaha Muda Solo Beli Pasar Legi Ponorogo Rp759 Juta

Andika Adi Perkasa, warga Solo pemenang lelang gedung Pasar Legi Ponorogo senilai Rp759 juta di Gedung Sasana Praja Ponorogo, Rabu (30/1 - 2019). (ponorogo.go.id)
30 Januari 2019 21:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Seorang pengusaha muda asal Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, berhasil memboyong bangunan Pasar Legi Ponorogo seharga Rp759 juta.

Pengusaha muda bernama Andika Adi Perkasa itu berhasil membeli bangunan Pasar Legi melalui mekanisme lelang yang digelar Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun di Gedung Sasana Praja Ponorogo, Rabu (30/1/2019).

Bangunan Pasar Legi itu dilelang Pemerintah Kabupaten Ponorogo setelah musibah kebakaran melanda pasar tersebut pada 2017 silam. Pasar tersebut akan dibangun ulang, sedangkan bangunan lama pasar itu dilelang.

Nilai yang ditawarkan sesuai hitungan appraisal dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) mencapai Rp751,8 juta. Sedangkan pengusaha yang masih berusia 24 tahun asal Kota Solo itu berani membayar Rp759 juta. Pengusaha muda itu berani membayar dengan selisih Rp7,2 juta dari nilai penawaran.

Dalam proses lelang itu, sebanyak 140 orang pengusaha datang dan ingin menawar bangunan pasar yang ada di pusat kota Ponorogo itu. Pengusaha peserta lelang itu dari berbagai daerah, seperti Solo, Semarang, Surabaya, dan lainnya.

Bangunan Pasar Legi ini ada empat bagian yang akan dilelang yaitu bangunan Pasar Legi Utara, bangunan rumah genset, dan bangunan rumah pompa ait. Ketiga bangunan tersebut memiliki luas 8.652 meter persegi. Sedangkan satu bagian lagi yang masuk lelang yaitu genset merek FG Wilson Perkins 60 KVA.

Tiga bangunan dan satu genset ini nantinya akan menjadi milik Andika Adi Perkasa. Setelah melunasi pembayaran yang diberi tenggat waktu selama lima hari, pengusaha muda itu bisa membongkar bangunan tersebut.

"Tapi saya agak heran. Tadi ada 140 peserta lelang. Datangnya dari berbagai kota. Tampak antusias. Tapi ternyata nilai terakhir Rp759 juta. Sebenarnya kota inginnya lebih dari itu," kata Kepala BPKAD Ponorogo, Bambang Tri Wahono, yang dikutip Madiunpos.com dari website resmi Pemkab Ponorogo ponorogo.go.id, Rabu.

Lelang bangunan Pasar Legi yang nilainya Rp751,8 juta itu berlangsung sangat singkat. Tidak sampai dua menit. Setelah ada penawar tertinggi yaitu Andika Adi Perkasa asal Kota Solo. Lelang pun dihentikan.

Dia menyampaikan pembongkaran bangunan tersebut diharapkan bisa selesai pada Februari 2019. Hal ini karena pembangunan gedung Pasar Legi sudah dimulai pada Maret.

Saat ini, pemerintah telah merampungkan detail engineering design (DED) gedung Pasar Legi. Anggaran pembangunan dari APBN senilai Rp244 miliar juga telah disiapkan.

Pemenang lelang, Andika Adi Perkasa, mengatakan sengaja ikut lelang ini karena memang pekerjaannya dari dunia bongkar-membongkar bangunan. Dia menyampaikan akan mendapatkan untung dari bangunan Pasar Legi tersebut.

"Ada besi-besi yang bisa dilebur atau dijual kembali. Ada genteng-genteng itu bisa dijual. Terus puing-puing itu juga bisa jadi duit. Saya yakin untung. Saya yakin dapat rizki dari pembongkaran ini," jelas dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya