Jalan ke Wana Wisata Watu Rumpuk Madiun Sempit Dikeluhkan

Pengunjung berfoto di salah satu spot foto di wana wisata Watu Rumpuk, Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jumat (18/1 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
21 Januari 2019 14:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Akses jalan menuju ke kawasan wana wisata Watu Rumpuk, Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, perlu segera diperbaiki. Perbaikan jalan menuju kawasan wisata itu penting supaya kunjungan wisatawan di Watu Rumpuk bisa meningkat.

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Panorama Wilis, Desa Mendak, Parlan, 40, mengatakan salah satu kendala yang dihadapi pengelolaan wisata Watu Rumpuk Madiun ada di akses jalan menuju lokasi.

Jalan ke lokasi Watu Rumpuk memang cukup menantang karena jalannya sempit dan terdapat beberapa tanjakan.

Pengamatan Madiunpos.com saat menuju lokasi Watu Rumpuk, Jumat (18/1/2019), jalan menuju ke lokasi wisata hanya memiliki lebar sekitar enam meter. Saat ada dua mobil dari arah berlawanan harus ada salah satu kendaraan yang mengalah. Selain itu, ada beberapa titik jalan rusak parah.

Parlan menyampaikan akibat kondisi jalan yang cukup ekstrem itu terkadang ada calon pengunjung yang enggan melanjutkan perjalanan sampai ke lokasi wisata. Mereka takut saat melewati jalan tersebut.

Meski baru dibuka setahun lalu, kata dia, pengunjung Watu Rumpuk bisa dikatakan cukup banyak. Pada hari aktif kunjungannya mencapai 100 orang dan pada saat akhir pekan mencapai 2.000 orang per hari. Bahkan saat musim liburan panjang seperti tahun baru 2019 bisa mencapai 5.000 orang.

"Banyak calon pengunjung yang tidak berani melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi Watu Rumpuk karena takut jalannya jelek. Kemarin saat tahun baru ada banyak calon pengunjung yang balik kanan karena mengetahui kondisi jalan yang rusak. Itu juga yang kerap dikeluhkan pengunjung," terang dia saat berbincang dengan Madiunpos.com, Jumat.

Menurut dia, salah satu aspek yang harus segera diperbaiki yaitu akses jalan. Karena akses jalan ini penting untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan.

Apalagi sebentar lagi jalur pendakian Tapak Bimo menuju ke Gunung Manyutan akan dibuka. Sehingga diprediksi tingkat kunjungan akan semakin meningkat.

"Kami juga akan mengembangkan beberapa wahan di sini. Akan ada kolam renang untuk anak-anak. Dengan penambahan fasilitas ini diharapkan juga didukung dengan perbaikan akses jalan," jelas Paralan.

Seorang pengunjung wisata Watu Rumpuk Madiun, Hidayat, mengatakan tertarik mengunjungi Watu Rumpuk karena melihat spot-spot foto ikonik yang ada di obyek wisata baru ini. Namun, ia mengaku akses jalan menuju ke lokasi wisata tersebut cukup sulit.

"Semoga jalan yang rusak bisa diperbaiki secepatnya supaya pengunjung tidak kesulitan saat hendak berwisata," jelas warga Kota Madiun itu. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya