3 Sumber Geothermal di Madiun akan Dieksplorasi Bakrie Grup

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengendarai motor trail saat meninjau lokasi bakal eksplorasi panas bumi di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jumat (18/1 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
19 Januari 2019 10:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Bupati Madiun Ahmad Dawami meninjau lokasi yang akan dilakukan eksplorasi panas bumi di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jumat (18/1/2019) sore.

Lokasi eksplorasi panas bumi itu berada di kaki Gunung Wilis, Desa Mendak. Bupati beserta sejumlah pejabat Pemkab Madiun menelusuri lokasi eksplorasi dengan mengendarai sepeda motor trail karena lokasinya berada di tengah hutan.

"Kami ke Desa Mendak ini untuk menunjukkan ada sumber gas alam," kata Ahmad Dawami kepada Madiunpos.com di Desa Mendak.

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing itu menyampaikan ada tiga sumber geothermal di Desa Mendak. Sumber ini lebih besar dibandingkan sumber di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, yang hanya ada satu sumber.

Dia menyampaikan pihak investor yang akan mengeksplorasi geothermal di Madiun, PT Bakrie Darmakarya Energi, telah mengurus segala urusan administrasi yang dibutuhkan.

Perusahaan juga telah membahas soal eksplorasi geothermal ini dengan Pemkab Madiun.

"Saat ini Ponorogo kan sudah mulai eksplorasi. Kemarin saya suruh meninlanjuti administrasinya. Pemkab terbuka terhadap investor," jelas dia.

Mengenai dampak lingkungan yang akan ditimbulkan dari eksplorasi, Kaji Mbing menjamin akan ada proses reklamasi hutan yang akan mengembalikan kelestarian lingkungan.

Sebelum pekerjaan eksplorasi dilakukan, perusahaan juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Tahapannya ada. Sebelum eksplorasi ada sosialisasi. Itu harus ada. Terkait dampak sosial dan lingkungan," jelas dia.

Saat ditanya nilai investasi, Kaji Mbing mengaku belum tahu nilai investasi untuk eksplorasi itu. Namun, ia meyakini nilai investasi sangat besar. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya