Kota Madiun Raih Adipura Berkat Metode Pengelolaan Sampah Ini

Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto (kiri) menyerahkan piala Adipura kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suwarno, Selasa (15/1 - 2019). (Istimewa/Pemkot Madiun)
16 Januari 2019 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun kembali meraih penghargaan Adipura untuk kategori kota sedang. Pemkot Madiun dianggap mampu untuk mengelola sampah yang ada.

Penyerahan penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengatakan Pemkot Madiun mendapatkan raihan Adipura tahun ini merupakan kali ke-14 secara beruntun. Penghargaan ini diharapakan bisa menjadi pelecut untuk menjadi lebih baik.

"Yang lebih penting indikator Adipura ini membudaya di tata kehidupan masyarakat," kata Sugeng seusai menyerahkan piala Adipura kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suwarno saat apel staf Pemkot Madiun, Selasa (15/1/2019).

Menurut Sugeng Rismiyanto, sampah di Kota Madiun sudah dikelola dengan baik mulai dari hilir hingga ke hulu. Petugas secara berkala mengambil sampah di TPS untuk kemudian dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Sesampainya di TPA, tumpukan sampah kemudian diolah menjadi berbagai hal yang bermanfaat seperti produk daur ulang hingga menjadi gas metan. Di kawasan TPA, ada ruangan mandi sauna yang memanfaatkan gas metan dari sampah.

Dia menyebut saat ini sudah ada sekitar 200 keluarga di sekitar TPA Winongo yang memanfaatkan gas metan hasil pengelolaan sampah.

Lebih lanjut, Sugeng menyampaikan Adipura bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup tetapi dinas lain juga harus terlibat. Apalagi perkantoran dan instansi pemerintah menjadi indikator penilaian.

‘’Mungkin ke depan diperlukan aturan seperti perda paling tidak perwal untuk membuat ketentuan pengelolaan sampah di kantor-kantor dan instansi pemkot maupun vertikal,’’ jelas dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya