15.427 Warga Kota Madiun Belum Ambil KIS

BPJS kesehatan. (Antara)
13 Januari 2019 15:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 15.427 warga Kota Madiun belum mengambil Kartu Indonesia Sehat (KIS). Warga yang belum mengambil KIS ini bisa segera mengambil kartu jaminan kesehatan itu di puskesmas terdekat.

Kepala Dinas Kesehatan KB Kota Madiun, Agung Sulistya Wardani, mengatakan jumlah warga Kota Madiun yang mendapat jaminan kesehatan nasional sebanyak 58.247 jiwa. Dari jumlah tersebut warga yang telah mengambil KIS ini sebanyak 42.820 jiwa.

"Penerima yang belum mengambil kartu ini sebanyak 15.427 orang. Kami masih melayani pengambilan kartu. Pengambilan kartu bisa dilakukan di kantor dinas kesehatan, kantor kelurahan, dan Puskesmas," kata dia, Jumat (11/1/2019).

Wardani menuturkan proses pengambilan kartu ini bisa diwakilkan salah satu anggota keluarga. Pengambilan cukup membawa KK asli dan KTP seluruh anggota keluarga. Untuk anak-anak bisa menunjukkan KK atau KIA.

Sementara itu, pelayanan pengambilan KIS di Puskesmas Oro-oro Ombo, Puskesmas Patihan, dan Puskesmas Tawangrejo, akan dihentikan pada 14 Januari 2019. Penerima kartu di wilayah tiga Puskesmas itu bisa langsung mengambil KIS di Kantor Dinkes.

Pemindahan layanan ini karena warga yang belum mengambil kartu tinggal sedikit. Dia mengingatkan saat ini kantor Dinkes KB pindah untuk sementara di Asrama 1 Wisma Haji Kota Madiun Jl. Ringroad  Barat. Sedangkan untuk kantor di Jl. Trunojoyo masih dalam proses renovasi.