BPBD Magetan Waspadai Longsor Susulan di Tebing Desa Cileng

Ilustrasi tanah longsor (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
09 Januari 2019 12:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Tebing di Dusun Jenar, Desa Cileng, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, longsor sehingga mengakibatkan badan jalan di wilayah setempat tertimbun material, Senin (7/1/2019). Pihak terkait kini mewaspadai kemungkinan terjadinya longsor susulan di lokasi itu.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Fery Yoga Saputra, di Magetan, menyebutkan material yang longsor cukup banyak, sehingga mengakibatkan akses jalan tertutup.

"Bagian tebing yang longsor sepanjang sekitar delapan meter, tinggi 10 meter dengan ketebalan rata-rata tiga meter. Sehingga longsoran material menutup akses jalan," ujarnya.

Mengutip laporan perangkat Desa Cileng, Kecamatan Poncol, Hari, Fery Yoga Saputra mengatakan sebelum terjadi longsor di kawasan tersebut, hujan turun dengan intensitas tinggi selama sekitar satu jam.

Menurut dia, Senin sore warga sekitar bersama petugas dari BPBD bersama TNI dan Polri melakukan kerja bakti membersihkan reruntuhan material.

"Material longsoran tanah cukup banyak dan tanah longsoran terus bergerak. BPBD akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendatangkan alat berat," ucapnya.

Alat berat, kata dia, perlu didatangkan guna mempercepat pembersihan jalan dari material longsor yang menutup akses jalan antardesa.

Menurutnya, potensi longsor susulan masih bisa terjadi. Alasannya tanah di atas masih labil dan masih terjadi longsoran susulan skala kecil. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara