Waduk Bendo Ponorogo Diperkirakan Jadi Akhir 2019

Pekerja berbincang di lokasi proyek pembangunan Waduk Bendo di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jumat (4/1 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
05 Januari 2019 06:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Progres pembangunan Waduk Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, saat ini masih di angka 77%. Diperkirakan pembangunan waduk tersebut akan selesai pada akhir 2019.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah mengunjungi Waduk Bendo Ponrogo, Jumat (4/1/2019). Waduk Bendo mampu menampung air sebanyak 43 juta kubik. Diperkirakan waduk ini bisa mengairi lahan pertanian seluas 7.700 hektare sawah di sekitar lokasi waduk.

"Kita harapkan dulu yang hanya panen sekali jadi tiga kali. Yang dua kali menjadi tiga kali. Sangat penting sekali untuk pengairan sawah-sawah. Saya kira dua hal ini. Waduk Bendo yang nanti segera diselesaikan," kata dia.

Selain Waduk Bendo, kata Jokowi, di Jawa Timur juga sedang dibangun waduk lain seperti Waduk Tukul, Waduk Tugu, Waduk Begong, Waduk Gongseng, dan Waduk Semantok.

"Banyak sekali dibangun di Jawa Timur karena memang diperlukan sebagai lumbungnya pangan Indonesia," kata Jokowi.

Lebih lanjut, pemerintah saat ini menargetkan pembangunan 65 waduk baru. Ada 49 waduk yang baru saja dikerjakan. Sedangkan 16 waduk lainnya saat ini masih proses pengerjaan.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia membutuhkan lebih banyak waduk dan embung untuk menampung kebutuhan air.

"Ini diselesaikan dulu semuanya baru bicara nanti primernya sampai tersiernya di sawah. Ini proses jangka panjang yang memang harus dilalui," jelasnya.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi pembangunan Waduk Bendo, sejumlah pekerja masih melakukan pengerukan tanah menggunakan alat berat. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya