KPU Lamongan Baru Siap 70% Hadapi Pemilu 2019

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
05 Januari 2019 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, LAMONGAN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menyatakan persiapan pemilihan umum (Pemilu) 2019 di kabupaten setempat sudah mencapai 70 persen, dan hanya menunggu beberapa kelengkapan lain yang masih dalam proses pengadaan.

Ketua KPU Kabupaten Lamongan Imam Ghozali di Lamongan, Jumat (4/1/2018), mengatakan beberapa perlengkapan Pemilu di Lamongan sudah tersedia di gudang, seperti kotak suara, bilik, alat tulis kantor, dan alat coblos.

"Sampai dengan saat ini persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 oleh KPU Kabupaten Lamongan telah mencapai 70 persen, dan hanya menunggu beberapa kelengkapan lain yang masih dalam proses pengadaan," kata Imam Ghozali.

Selain itu, kata dia, saat ini KPU Lamongan juga sedang konsentrasi menyusun Data Pemilih Tetap (DPT) tambahan, atau pemilih yang karena satu dan lain hal harus berpindah tempat saat pencoblosan.

"Ini sangat penting karena berkenaan dengan hak pilih serta pendistribusian surat suara. DPT tambahan ini akan dilayani sampai dengan H-30 pencoblosan," katanya.

Imam Ghozali berharap kesiapan KPU Lamongan juga didukung pemerintah daerah khususnya terkait penyimpanannya.

"Berbeda dengan pemilu sebelumnya, Pemilu 2019 akan terdapat 5 jenis surat suara dan tiap suara memiliki kotak suara sendiri, jadi bisa dibayangkan banyaknya jumlah kotak suara. Oleh karena itu kami minta bantuannya kepada camat untuk penyimpanan logistik," katanya.

Menanggapi hal itu, Bupati Lamongan Fadeli mengaku siap. Dia meminta semua pihak untuk bekerja sama sehingga bisa berjalan lancar dan kondusif.

"Kesuksesan pemilu tidak dapat diraih tanpa adanya kerja sama yang baik antara semua elemen pendukung pemilu. Terutama di kecamatan, yakni antara masyarakat, PPK, muspika, dan pemerintah kecamatan," kata Fadeli.

Untuk diketahui, jumlah total DPT di Lamongan saat ini sebanyak 1.056.505, dengan 4.500 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya