Cuaca Buruk Hambat Pencarian Pendaki Magelang Tersesat di Lawu

Pendaki turun dari Gunung Lawu melalui jalur pendakian Ceto pada Rabu (20/6 - 2018). (Solopos/Sri Sumi Handayani)
04 Januari 2019 13:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Upaya Tim SAR gabungan untuk mencari pendaki gunung asal Magelang, Jawa Tengah, bernama Alvi Kurniawan yang tersesat di Gunung Lawu, sejak Rabu (2/1/2019), terhambat cuaca buruk.

Pencarian tidak bisa dilakukan malam hari karena gelap dan jarak pandang sempit terhalang kabut. Pencarian pada Kamis (3/1/2019) hanya bisa dilakukan sampai sekitar pukul 17.00 WIB.

Pencarian pendaki berusia 20 tahun itu terpaksa dihentikan karena melihat situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan.

"Operasi SAR Kamis sore dihentikan pada pukul 17.00 WIB karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, Kamis malam.

Tim rescue dibagi menjadi dua yaitu dari Candi Cetho dan jalur pendakian Cemorosewu Magetan. Tim rescue menyisir jalur pendakian dan bertemu di pos 5 Gunung Lawu.

Fery menuturkan saat pencarian pendaki itu kondisi kabut cukup tebal dengan jarak pandang hanya 5 meter. Selain itu, juga angin kencang terjadi saat proses pencarian. Dengan kondisi ini membuat pencarian dihentikan.

"Pencarian Kamis hasilnya nihil. Pendaki bernama Alvi belum ditemukan," terang Fery.

Pencarian Alvi dilanjutkan pada Jumat (4/1/2019) mulai pukul 08.00 WIB. Tim SAR menyisir ulang hingga puncak dan lokasi-lokasi yang dicurigai.

Dari Basarnas pos SAR Solo memulai penyisiran melalui jalur pendakian Candi Cetho. Sedangkan BPBD Magetan akan membuka pos pendamping di Cemorosewu untuk mempermudah koordinasi.

Lebih lanjut, Fery menuturkan tim dari Candi Cetho naik ke puncak untuk menyisir. Sedangkan tim dari Cemorosewu juga melakukan penyisiran ke puncak Lawu. Nantinya kedua tim bertemu di pos 5 untuk melakukan rencana tindak lanjut.

Seperti berita sebelumnya, pendaki asal Magelang, Alvi Kurniawan, 20, diduga hilang saat sedang mendaki puncak Gunung Lawu. Alvi telah mendaki Gunung Lawu bersama enam orang rekannya sejak Senin (31/12/2018).

Alvi sempat menerima tantangan dari seorang pendaki perempuan untuk ke puncak. Namun, saat teman-temannya sudah berada di puncak Alvi tidak diketahui keberadaannya.