Balapan ke Puncak, Pendaki Asal Magelang Hilang di Lawu

Pendaki turun dari Gunung Lawu melalui jalur pendakian Ceto pada Rabu (20/6 - 2018). (Solopos/Sri Sumi Handayani)
03 Januari 2019 15:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Seorang pendaki asal Magelang, Jawa Tengah, bernama Alvi Kurniawan, 20, diduga hilang saat sedang mendaki puncak Gunung Lawu. Alvi telah mendaki Gunung Lawu bersama enam orang rekannya sejak Senin (31/12/2018).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, mengatakan tim gabungan dari BPBD Magetan, SAR, TNI, dan sukarelawan sedang mencari pemuda bernama Alvi itu.

Dia mengatakan Alvi melakukan pendakian bersama enam orang rekannya yaitu Wahyu Candra, Supriyanto, Janika, Khaitul Anam, Irma Anjarwati, dan Ramadhan Fitriya. Ketujuh orang ini datang dari Magelang untuk menaklukkan puncak Gunung Lawu pada pergantian tahun 2019. Mereka memulai pendakian dari Candi Cetho pada Senin sekitar pukul 08.00 WIB.

"Mereka sampai di bawah pos 5 sekitar pukul 19.00 WIB. Kemudian mereka mendirikan tenda di bawah pos 5 dan beristirahat," kata Fery, Kamis (3/1/2019) siang.

Setelah beristirahat, keesokan harinya yaitu Selasa (1/1/2019) sekitar pukul 10.00 WIB, Supriyanto dan Anam meneruskan perjalanan dan sampai puncak Lawu pukul 12.00 WIB. Kemudiam turun ke Hargo Dalem pada pukul 12.30 WIB.

Sedangkan lima orang lainnya baru melanjutkan perjalanan ke puncak sekitar pukul 10.30 WIB. Setibanya di batas sabana, lima pendaki asal Magelang yaitu Wahyu Candra, Janika, Irma Anjarwati, Ramadhan Fitriya, dan Alvi Kurniawan, bertemu dengan pendaki perempuan dari Wonosobo.

Saat itu, pendaki perempuan asal Wonosobo itu menantang Alvi untuk balapan ke puncak dengan iming-iming akan ditraktir makan di warung Mbok Yem di puncak Lawu kalau menang.

"Namun, Fitriya dan Janika saat itu tidak meneruskan ke puncak karena capek. Sedangkan Wahyu Candra dan Irma menyusul ke atas," jelas dia.

Sesampainya di puncak, kata Fery, pendaki Wahyu Candra dan Irma ini bertemu pendaki Wonosobo yang sebelumnya menantang Alvi untuk balapan di Pasar Dieng. Saat itu pukul 12.17 WIB, pendaki asal Wonosobo itu menyampaikan bahwa Alvi telah sampai di puncak.

Namun, rekan Alvi yaitu Supriyanto dan Anam yang sudah berada di puncak Lawu mengaku tidak menemui Alvi. Selanjutnya, mereka turun ke camp sekitar pukul 13.00 WIB untuk menunggu Alvi. Tetapi sampai pukul 16.00 WIB Alvi tidak kunjung turun.

"Kemudian Supriyanto, Irma, Fitriya, Wahyu Candra, dan Anam ini turun. Sedangkan Janika dan satu pendaki dari rombongan lain berinisiatif untuk mencari Alvi sampai bawah Pasar Dieng. Namun, tidak menemukan Alvi," terang Fery.

Mereka kemudian kembali ke basecamp B sekitar pukul 18.00 WIB. Saat ini pencarian masih terus dilakukan, pendaki Alvi belum ditemukan. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya