Kronologi Kebakaran Kafe Latte Madiun Berdasarkan Hasil Olah TKP

Petugas membawa alat oven dan tabung gas di dapur Kafe Latte, Jl. HOS Cokroaminoto Kota Madiun setelah melakukan olah TKP, Rabu (2/1 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
02 Januari 2019 16:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Penyebab kebakaran di Kafe Latte Jl. HOS Cokroaminoto, Kota Madiun, diduga kuat karena adanya kebocoran gas di ruang dapur kafe setempat. Sedangkan para korban kala itu hendak menutup kebocoran gas.

Hal itu disampaikan Kasatreskrim Polres Madiun Kota, AKP Suharyono, seusai menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di Kafe Latte, Rabu (2/1/2019).

AKP Suharyono menuturkan berdasarkan olah TKP yang dilakukan sumber kebakaran di kafe tersebut bersumber dari tabung gas yang bocor. Diduga tabung selang regulator bocor dan membuat tabung gas ngeses.

"Di dalam dapur ada beberapa kompor dan tabung gas," kata dia kepada wartawan.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, kata Suharyono, kejadian itu bermula saat tukang masak kafe tersebut sedang memasak di dapur. Kemudian tabung gas tersebut diketahui habis dan hendak diganti.

Saat hendak diganti dan selang regulator dicabut, tabung gas tersebut bunyi. Kemudian lima orang yang menjadi korban kebakaran itu mendekati lokasi dengan tujuan untuk menutup kebocoran gas.

Namun nahas, gas yang bocor itu tepercik api dan meledak dan menimbulkan kebakaran. Lima orang termasuk manajer Kafe Latte, Fery, terbakar dan mengalami luka bakar di tubuhnya.

"Saat penggantian tabung itu, kompor gas di dapur sudah padam semua. Kemungkinan masih ada sisa api di alat panggang yang ada di dapur, sehingga menimbulkan percikan api," jelasnya.

Untuk korban dalam kebakaran ini terdata ada lima orang. Korban yang paling parah mengalami luka bakar yaitu Fery, manajer kafe. Kelima korban masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Sedangkan kerugian material akibat kebakaran Kafe Latte Madiun mencapai Rp25 juta. Saat ini petugas masih menginventarisasi kerugian yang ada.

Dari olah TKP ini, petugas menyita sejumlah barang bukti seperti tabung gas dan alat panggang. Barang bukti ini untuk memperkuat pemeriksaan yang dilakukan petugas. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya