Angin Kencang Landa Ponorogo, Pengendara Motor Tertimpa Ranting Pohon

Sejumlah pohon tumbang menutup jalan di Dukuh Tanjung RT 012, Desa Celep, Kedawung, Sragen. Upaya evakuasi pohon tumbang terus dilakukan Tim BPBD Sragen dibantu warga. Foto diambil Senin (19/11 - 2018). (Istimewa/BPBD Sragen)
11 Desember 2018 09:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO – Seorang pengendara sepeda motor tertimpa ranting pohon yang roboh di Jl. Ponorogo-Wonogiri, Desa Somoroto, Kecamatan Kauman, Ponorogo, Senin (10/12/2018) sore. Akibatnya, pengendara sepeda motor bernama Rizal Effendi itu harus dirawat di Puskesmas karena pingsan saat tertimpa ranting pohon itu.

Kapolsek Somoroto, AKP Edi Susanto, mengatakan hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Kauman pada Senin sore. Hujan deras dan angin itu telah membuat ranting pohon trembesi yang ada di pinggir kalam Ponorogo-Wonogiri itu berjatuhan.

"Saat bersamaan melaju sepeda motor yang dikemudikan Rizal Effendi dari arah timur ke barat. Pada saat itu juga, warga Kecamatan Badegan itu tertimpa ranting pohon trembesi dan terjatuh dari sepeda motornya," kata dia, Selasa (11/12/2018).

Korban yang jatuh tertimpa ranting pohon saat itu pingsan. Warga yang berada di dekat lokasi pun langsung mendatanginya dan membawanya ke Puskesmas Kauman.

"Ranting pohon yang berserakan itu pun langsung dibersihkan petugas supaya tidak mengganggu pengguna jalan di jalam raya itu," jelas dia.

Kapolsek Somoroto itu juga mengatakan bahwa pada waktu yang sama peristiwa pohon roboh pun terjadi di Jl. Somoroto-Ngumpul, Desa Semanding, Kecamatan Kauman. Pohon roboh itu mengakiabtkan satu rumah rusak dan memutus aliran listrik di desa itu.

Edi menuturkan pohon mahoni yang roboh diterjang hujan dan angin kencang itu berada di tanah milik Dinas Pekerjaan Umum di desa setempat. Diduga pohon tersebut usianya sudah tua dan lapuk sehingga mudah roboh.

Pohon roboh itu menimpa satu rumah milik Tiar, 50, warga Dukuh Krajan, Desa Semanding, Kecamatan Kauman.

"Pohon roboh itu tidak hanya menimpa rumah, tapi juga menimpa kebel jaringan listrik milik PLN di sekitar situ. Jadi jaringan listrik di desa itu pun padam," ujar AKP Edi Susanto yang menyebut petugas langsung membersihkan pohon roboh di lokasi itu.