DPT Bojonegoro Bertambah Menjadi 1.040.383 Pemilih

Siswa bermain ular tangga bertemakan sosialisasi tentang Pemilu. (Solopos/M. Ferri Setiawan)
11 Desember 2018 04:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Jumlah pemilih dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden (pilpres) 2019 untuk Kabupaten Bojonegoro, Jawa Tengah, ditetapkan sebanyak 1.041.866 pemilih. Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan sebelumnya sebanyak 1.040.383 pemilih.

"Jumlah pemilih yang masuk dalam DPT pemilu legislatif dan pemilu presiden yang ditetapkan sebanyak 1.041.866 pemilih sudah final," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro Abdim Munib seusai rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT hasil perbaikan kedua di Bojonegoro, Sabtu (8/12/2018).

Dia menjelaskan pelaksanaan verifikasi DPT hasil perbaikan kedua ini juga memanfaatkan data pemilih yang belum masuk dalam DPT perbaikan yang pertama dari kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) daerahnya.

Berdasarkan data yang diterima, tercatat ada sebanyak 55.961 pemilih yang belum masuk DPT, tapi dari hasil verifikasi yang bisa masuk hanya 395 pemilih.

"Dari hasil verifikasi lainnya datanya tidak benar, seperti pemilih ganda, datanya tidak valid, juga faktor yang lainnya sehingga tidak memenuhi syarat masuk DPT," ucap Abdim Munib.

Dia menyebutkan,dari sebanyak 1.041.866 pemilih yang sudah ditetapkan itu, di antaranya sebanyak 1.328 pemilih merupakan pemilih baru potensial yang akan ikut memilih dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden pada 2019, karena usianya sudah masuk yang dipersyaratkan.

"Pemantauan DPT terus berjalan sampai pelaksanaan coblosan pemilu legislatif dan pilpres pada 17 April," kata Abdim Munib.

Menurut dia, masih sangat dimungkinkan akan ada tambahan pemilih baru yang amasuk daftar pemilih khusus (DPK), antara lain pemilih dari luar daerah yang pindah di daerah setempat.

"Persiapan logistik seperti kotak suara, bilik, juga yang lainnya tidak ada masalah. Pada pemilu legislatif dan pemilu presiden di Bojonegoro akan ada 4.571 tempat pemungutan suara (TPS)," ucapnya.

Hadir dalam acara itu, Ketua Bawaslu Bojonegoro M. Zaenuri, jajaran perwakilan parpol dan tim pemenangan pasangan capres nomor urut 1 dan 2.

"Bawaslu akan terus melakukan pemantauan terkait perkembangan DPT," kata Ketua Bawaslu M Zaenuri.

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara