Angin Kencang Landa Magetan, 38 Pohon dan Belasan Bangunan Roboh

Petugas membersihkan pohon roboh yang melintang di salah satu jalan di Magetan, Minggu (18/11/2018) sore. (Istimewa - BPBD Magetan)
19 November 2018 09:40 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Magetan, Minggu (18/11/2018) sore. Akibatnya 38 pohon di sejumlah titik roboh dan belasan bangunan roboh diterjang angin kencang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, mengatakan hujan deras disertai angin kencang menerjang merata di sejumlah wilayah di Kabupateb Magetan. Satu per satu pohon yang awalnya tegak berdiri kemudian roboh.

Pohon yang roboh itu ada yang menutup akses jalan dan sebagian menimpa beberapa rumah dan sejumlah bangunan lainnya.

"Dari pendataan yang dilakukan ada 38 pohon roboh dan 16 bangunan rusak. Bangunan ini terdiri dari 10 kios, tiga rumah, satu kandang sapi, dan satu kandang ayam, serta satu warung," jelas Fery saat dihubungi, Senin (19/11/2018).

Pohon roboh tersebut sempat membuat akses jalan terputus seperti di Jalan Raya Maospati ada tiga titik, pohon roboh juga menutup jalan tembus atas Sarangan, Jl. Yos Sudarso, dan lainnya. Tiga rumah yang mengalami kerusakan ada di Turi, Kecamatan Panekan.

"Kemarin personel gabungan dari BPBD, TNI, Polri, PU PR, Dinsos, beserta masyarakat menangani pembersihan material pohon tumbang," jelas Fery.

Lebih lanjut, kata dia, pembersihan material pohon maupun rumah yang rusak akan dilanjutkan pada Senin ini. Dengan fokus membersihkan dan membantu pembenahan rumah rusak akibat bencana angin kencang kemarin.