Informasi Soal Jalan Tol Gratis di Ngawi Hoaks

Presiden Jokowi (paling kanan) saat peresmian jalan Tol Colomadu-Sragen di Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Minggu (15/7 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
17 November 2018 10:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, NGAWI -- Informasi mengenai penggratisan ruas tol Ngawi-Sragen tersebar luas melalui berbagai aplikasi media sosial maupun messenger dalam beberapa hari terakhir.

Menurut informasi yang tersebar melalui sejumlah grup Facebook dan Whatsapp, penggratisan ruas tol Ngawi-Sragen itu dimulai Kamis (15/11/2018).

"Mulai besok pagi Kamis 15 November 2018 pukul 06.00 WIB Jalur Tol Ngawi - Sragen dibuka untuk umum GRATIS sampai Jalur Tol ruas tersebut diresmikan. Jangan lupa Gunakan kartu tol untuk dapat membuka portal di pintu tol. Berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih. Manfaatkan kesempatan ini untuk rute perjalanan Ngawi menuju Solo dan arah sebaliknya. Tetap Hati-hati selama berkendara, patuhi batas kecepatan. Istirahatlah jika berkendara dalam kondisi capek dan mengantuk," demikian pesan yang beredar itu.

Dalam postingan yang tersebar di Facebook dan Whatsapp itu disebutkan sumber informasi dari Humas Waskita. Ditanyai mengenai hal itu, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno, memastikan informasi itu tidak benar alias hoaks.

"Sudah kami luruskan. Enggak benar itu," kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Jumat (16/11/2018).

Mengenai kapan jalan tol ruas Ngawi-Sragen akan dibuka, dia mengaku belum mengetahui kepastian waktu. Dia masih menunggu petunjuk dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ini masih menunggu arahan dari Kementerian PUPR. Kami belum tahu kapan, tapi kami harapkan bulan ini bisa dibuka," ujar dia.

David menyampaikan saat jalan tol baru dibuka biasanya memang digratiskan untuk masyarakat minimal tujuh hari.

Pengerjaan jalan tol Ngawi-Sragen, kata David, saat ini sudah selesai termasuk fasilitas pendukung dan rambu lalu lintas. Dia berharap Presiden Joko Widodo bisa meresmikan jalan tol ruas Ngawi-Sragen.

Mengenai peresmian ini masih dikoordinasikan antara Kementerian PUPR dengan Sekretariat Negara.