Tulungagung Terima 19.158 Kotak Suara Pemilu 2019 Berbahan Kardus Sekali Pakai

Petugas KPU Tulungagung menerima kotak suara baru di Tulungagung, Rabu (24/10 - 2018). (Antara/Istimewa)
26 Oktober 2018 04:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menerima logistik kotak suara baru berbahan kardus transparan untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Ketua KPU Tulungagung Suprihno mengatakan jumlah kotak suara baru yang diterima mencapai 19.158 unit dan langsung disimpan di gudang yang disusun di rak kayu. "Kotak suara baru ini berbahan kardus dan hanya sekali pakai," kata Suprihno, Rabu (24/10/2018). 

Dia menambahkan jumlah kotak suara yang diterima KPU Tulungagung sudah sesuai dengan proyeksi kebutuhan untuk pelaksanaan pemilu legislatif maupun pemilu presiden tahun depan.

Dari total 19.158 kotak suara yang diterima, ungkap dia, selanjutnya akan dibagikan ke 3.766 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 19 kecamatan.

"Nanti setiap TPS mendapat jatah lima unit kotak suara yang diperuntukkan pilpres, pemilu DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi Jatim, DPR RI, dan DPD," kata dia.

Dia menjelaskan kotak suara dijadwalkan mulai dirakit pada Februari 2019. Setelah itu kotak suara beserta perangkat kelengkapan pelaksanaan pemilu lainnya akan dibagikan ke tiap kecamatan, untuk selanjutnya didistrubusikan ke tiap TPS.

"Kami juga masih menunggu intruksi apakah perakitan kotak suara dilakukan di TPS atau KPU ," ujarnya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara