Kota Madiun Terima 3.199 Kotak Suara Baru Pekan Depan

Ilustrasi kotak suara pemilu. (Antara/Irwansyah Putra)
25 Oktober 2018 20:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jawa Timur, menunggu kedatangan sebanyak 3.199 unit kotak suara baru.

Ketua KPU Kota Madiun Sasongko mengatakan ribuan unit kotak suara yang akan diterima tersebut merupakan kotak suara baru, sementara kotak suara yang lama akan dilelang.

"Untuk kebutuhan kotak suara, kita akan dikirimi sebanyak 3.199 unit. Dengan asumsi ada 608 TPS [tempat pemungutan suara], berarti kita membutuhkan sekitar 3.040-an," ujar Sasongko di Madiun, Kamis (25/10/2018).

Menurut rencana, ungkap dia, ribuan kotak suara tersebut akan tiba di Kota Madiun pada Senin (29/10/2018) pekan depan. Terkait hal itu, pihaknya telah menyiapkan lokasi di luar kantor untuk penyimpanan karena gudang di KPU Kota Madiun sudah tidak muat.

Lokasi yang dipilih adalah salah satu gedung di area Wisma Haji Kota Madiun. Lokasi tersebut dipilih karena dinilai cukup aman dan tertutup sehingga tidak cemas jika sewaktu-waktu hujan.

Dia menjelaskna kotak suara baru untuk Pemilu 2019 berbahan dasar karton sehingga rawan basah. Hal itu berbeda dengan kotak suara lama yang terbuat dari aluminium.

Untuk persiapan penyimpanan tersebut, KPU Kota Madiun telah memasang palet yang difungsikan untuk mendukung penyimpanan kotak suara. "Tujuannya agar tidak lembab dan terhindar dari serangga, sehingga kotak suara aman hingga saat dibutuhkan nanti," ucapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya pengiriman 3.199 kotak suara baru, maka jumlah kebutuhan kotak suara Pemilu 2019 di Kota Madiun telah terpenuhi. Sedangkan kebutuhan kotak suara di masing-masing TPS untuk Pemilu 2019 nantinya lima unit. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara