Zero BABS, Pacitan Diganjar Penghargaan Kemenkes

Ilustrasi ODF, bebas dari BABS. (Solopos/Dok)
21 Oktober 2018 19:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PACITAN -- Seluruh desa di Kabupaten Pacitan dinyatakan bebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan (BABS).

Karena itu, Pemkab Pacitan diganjar penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Eko Budiono, mengatakan program Open Defecation Free (ODF) sudah lama dilakukan Pemkab Pacitan. Program ini diikuti secara menyeluruh hingga ke tingkat desa.

Dia menyampaikan program ODF ini sebelumnya telah diverifikasi hingga tingkat provinsi dan nasional pada 2014. Hasil verifikasi itu menyebutkan Pacitan menjadi daerah pertama di Indonesia yang berhasil ODF di seluruh desa.

"Program ODF ini bermuara pada perubahan perilaku bersih. Selanjutnya Pemkab akan lebih fokus membudayakan lima pilar," terang dia dalam siaran pers yang dikutip Madiunpos.com, Minggu (21/10/2018).

Lima pilar yang akan menjadi fokus yaitu ODF, gerakan cuci tangan pakai sabun, ketersediaan pangan serta air bersih, penanganan sampah, dan pengolahan limbah cair.

Penghargaan STBM Berkelanjutan ini diserahkan kepada Pemkab Pacitan di Jakarta pada Kamis (18/10/2018).

Bupati Pacitan, Indartato, mengatakan masyarakat Pacitan harus hidup dengan pola yang sehat. Kesehatan menjadi modal dasar terwujudnya masyarakat sejahtera.

"Atas dukungan semua pihak serta partisipasi aktif masyarakat semua, maka kita dapat meraih penghargaan ini. Jadi ini adalah untuk masyarakat Pacitan," ujar dia.