Gadis 15 Tahun Asal Lamongan Ini Berbobot 179,3 Kg

Gadis obesitas asal Lamongan Silvia Dwi Susanti menjalani pengukuran berat badan bersama tim kecamatan dan puskesmas. (Bisnis/Istimewa)
17 Oktober 2018 20:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, LAMONGAN -- Gadis berusia 15 tahun asal Desa Cangkring, Kecamatan Bluluk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, bernama Silvia Dwi Susanti memiliki berat badan 179,3 kg. Dia dirujuk ke Rumah Sakit Soegiri Lamongan karena dinilai mengalami obesitas berlebih.

Salah satu dokter Puskesmas Blukuk, Fauziah, mengatakan kondisi Silvia secara umum normal, namun karena bobot badannya mencapai 179,3 kg membuatnya kadang susah bernapas dan mengalami gangguan pernapasan.

"Secara umum sehat, dan tidak mengalami gangguan jantung, hanya sedikit mengalami gangguan pernapasan, sebab berat badan mencapai 179,3 kg dengan tinggi 145 diameter 165," katanya, Selasa (16/10/2018).

Menurut Fauziah, Silvia harus mendapatkan perawatan lanjutan di laboratorium RS Soegiri Lamongan, agar berat badannya tidak terus berlebih, serta perlu dilakukan perawatan rutin untuk pemulihan psikologinya.

Camat Bluluk, Syam Teguh Wahono, saat dimintai dikonfirmasi di Lamongan, Selasa, mengatakan dirujuknya Silvia ke RS Soegiri berdasarkan hasil pemeriksaan sementara dokter yang menyarankan untuk membawa gadis itu ke rumah sakit milik pemerintah daerah setempat.

"Alhamdulillah, dirujuknya Silvia ke RS Soegiri berkat dorongan teman-teman Muspika dan dokter untuk penanganan lanjutan, sebab beratnya sudah melebihi batas normal," kata Syam kepada wartawan.

Syam Teguh Wahono mengatakan tim kecamatan bekerja sama dengan Puskesmas siap memfasilitasi Silvia sampai dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh tim dokter Pemkab Lamongan.

"Kami tim kecamatan telah melihat kondisi Silvia dan masih sehat, namun karena tekanan psikologis membuatnya merasa terpencil dan tidak mau sekolah. Dan diharapkan dengan penanganan tim RS Soegiri bisa segera pulih," katanya.

Sebelumnya, Silvia mengalami obesitas sejak kelas IV SD. Karena kesulitan berjalan, Silvia menjadi malu dengan teman-temannya, sehingga terpaksa putus sekolah sejak lima tahun lalu.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara