1.100 Warga Blitar Nikmati Pengobatan Gratis di Rail Clinic

Rail Clinic milik PT KAI (Solopos/SUnaryo Haryo Bayu)
28 September 2018 14:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, BLITAR -- Sebanyak 200 pelajar mengikuti pengobatan gratis yang digelar PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VII Madiun, Jawa Timur, di Kota Blitar, Jawa Timur.

"Kami lakukan pengobatan gratis. Untuk pelajar, ada 200 siswa yang hadir dari SDN Sukorejo III dan SDN Kepanjen Kidul, Kota Blitar," kata Manajer Humas PT KAI Daops VII Madiun Ixfan Hendri Wintoko di Blitar, Kamis (27/9/2018).

Dia menambahkan bakti sosial berupa pengobatan gratis kepada warga memanfaatkan Rail Clinic, yakni kereta yang telah dimodifikasi/retrofit dari kereta diesel untuk angkutan menjadi kereta kesehatan.

Menurut Ixfan Hendri Wintoko, bakti sosial itu dilaksanakan sebagai bagian dari pelayanan sekaligus bentuk kepedulian sosial atau Coorporate Sosial Resposibility (CSR) PT KAI kepada warga.

Dia mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pemeriksaan secara umum, gigi, kesehatan ibu anak, mata, laboratorium sederhana (gula darah, asam urat, dan kolesterol), hingga penyuluhan kesehatan.

Selain itu, dilangsungkan pula pembinaan dan sosialisasi (Binsos) terkait dengan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api oleh petugas dari unit pengamanan PT KAI Daops VII Madiun.

Lebih lanjut, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan selain memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan (kacamata baca) secara gratis untuk pelajar dan masyarakat kurang mampu.

Mereka sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan mata, sehingga bisa dipastikan pakah mereka memerlukan kacamata atau tidak. "Untuk pembagian kaca mata ini diberikan pada mereka yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Ixfan menambahkan Rail Clinic yang sedang digunakan untuk kegiatan bakti sosial tersebut merupakan Rail Clinic generasi keempat, di mana terdapat dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya sebagai perpustakaan yang dinamakan Rail Library. Di dalamnya juga berisi bermacam-macam buku pengetahuan, dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang hadir pada saat itu.

Dalam acara itu, animo pengunjung cukup bagus. Bahkan, sejak petugas datang ke Stasiun Kota Blitar, warga sudah memadati lokasi. Mereka juga antre dengan tertib untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan yang secara khusus didatangkan demi program pelayanan kepada masyarakat.

PT KAI Daops VII Madiun melibatkan 13 orang tenaga medis, tiga orang tenaga apoteker, enam orang pembantu medis, dua orang tenaga laboratorium, serta dua orang tenaga untuk Rail Library" yang dengan dibantu oleh 14 orang Railfans.

Pengobatan gratis serta bakti sosial berlangsung selama dua hari di Kabupaten dan Kota Blitar, yakni pada 26-27 September 2018 dengan jumlah peserta yang terdaftar dalam kegiatan pengobatan gratis hingga 1.100 orang. Adapun rinciannya di Stasiun Garum, Kabupaten Blitar, sebanyak 550 orang dan di Stasiun Kota Blitar sebanyak 550 orang.

"Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun. Semoga pengobatan gratis ini memberikan banyak manfaat bagi mereka yang membutuhkan, khususnya warga sekitar jalur kereta api dengan harapan bisa menumbuhkan rasa memliki terhadap transportasi kereta api dan pada akhirnya ikut berpartisipasi terhadap keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api," kata Ixfan.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara