Pakde Karwo Sarankan Bupati Madiun Fokus Sejahterakan Petani

Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberikan ucapan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Madiun saat sertijab di Pendapa Pemkab Madiun, Rabu (26/9 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
26 September 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Madiun fokus untuk menyejahterakan petani dan menjaga lahan pertanian. Hal ini mengingat hampir 78% penduduk Kabupaten Madiun hidup dari sektor pertanian.

"Penduduk Kabupaten Madiun 78% petani. Untuk itu pemerintahan yang baru bisa fokus ke pertanian," kata Pakde Karwo seusai Serah Terima Jabatan dari Penjabat Bupati Madiun kepada Bupati Madiun Masa Jabatan 2018-2023 di Pendapa Kabupaten Madiun, Rabu (26/9/2018).

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, meminta pemerintahan yang dipimpin Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, bisa menciptakan program khusus untuk para petani agar mereka lebih sejahtera.

Selain itu, dia mengusulkan supaya Pemkab Madiun memberikan ruang kepada petani lokal untuk berkembang. Salah satunya dengan mendorong petani untuk menjual produk mereka dalam bentuk yang lebih menjual.

"Semisal cocoa, itu jangan dijual gelondongan. Harus di-roasting terlebih dahulu. Diolah. Supaya harganya lebih naik," jelas dia.

Menurut dia, kemiskinan juga menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Kemiskinan ada dua jenis kemiskinan struktural dan kemiskinan kultural.

Lebih lanjut, Pakde Karwo menyampaikan pemerintah kabupaten Madiun supaya lebih memerhatikan lahan pertanian. Jangan sampai mayoritas penduduk bekerja sebagai petani tetapi lahan bekerja mereka habis untuk pembangunan perumahan dan pabrik.

Bupati Madiun yang akrab disapa Kaji Mbin, mengatakan usulan dari gubernur soal pertanian di Madiun akan dilakukan selama menjabat sebagai bupati. Menurut dia, dalam memerintah Kabupaten Madiun akan menggunakan semangat baru dalam memulai perubahan. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya