KPU Tetapkan 325 Caleg Maju Pemilu Legislatif Kota Madiun

Komisioner KPU Kota Madiun mengumumkan calon anggota legislatif Kota Madiun Kamis (20/9 - 2018). (Madiunpos.com/AbdulJalil)
20 September 2018 14:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 325 orang akan memperebutkan 30 kursi DPRD Kota Madiun pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun telah menetapkan 325 orang itu masuk dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu Legislatif 2019, Kamis (20/9/2018).

Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, mengatakan ada 325 orang yang ditetapkan dalam DCT Pemilu Legislatif 2019. Jumlah DCT ini sama dengan jumlah calon anggota legislatif yang sebelumnya ditetapkan sebagai daftar calon sementara.

"Total caleg yang masuk dalam DCT sama dengan DCS. Tidak ada perubahan setelah penetapan DCS. DCT ini besok akan diumumkan ke publik melalui media massa," kata dia seusai Rapat Pleno Penetapan DCT Pemilu Legislatif 2019, Kamis.

Sasongko menuturkan setelah ditetapkan dalam DCT, dalam ketentuan tidak boleh diganti. Sehingga nama-nama tersebut yang nantinya akan memperebutkan 30 kursi DPRD Kota Madiun.

Terkait keputusan Mahkamah Agung mengenai mantan napi koruptor boleh mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif, kata Sasongko, di Kota Madiun tidak ada caleg yang merupakan mantan napi koruptor. Pada saat pendaftaran ada satu bakal caleg yang diajukan partai politik mantan napi koruptor.

Tetapi bakal caleg itu kemudian ditarik dan diganti partai pengusung dan tidak masuk dalam DCS. "Pada saat proses perbaikan memang ada satu. Tapi setelah disampaikan kemudian ditarik dan diganti. Dalam penetapan DCS juga sudah tidak ada bacaleg mantan napi koruptor," jelas dia.

Bendahara PSI Kota Madiun, Widya Utami, mengatakan PSI mendaftarkan 30 calon anggota legislatif di Kota Madiun. Ke-30 nama yang diajukan itu semuanya lolos dan masuk dalam DPT.

"Ga ada yang dicoret. Ada 30 nama yang akan maju di Pileg Kota Madiun nanti," ujar dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya