Pemkot Madiun Diminta Kelola Rusunawa dengan Baik

Rusunawa Madiun di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. (Solopos/Abdul Jalil)
11 April 2018 02:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Anggota Komisi III DPRD Kota Madiun meminta Pemkot Madiun segera mempersiapkan diri mengelola rumah susun sewa (rusunawa). Jangan sampai rusunawa pertama ini tidak terkelola dengan baik.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Madiun, Bondan Panji Saputro, seusai melakukan pengecekan di rusunawa yang ada di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Selasa (10/4/2018) siang.

Dia menuturkan rusunawa ini telah diserahkan pemerintah pusat ke Pemkot Madiun pada 4 Maret lalu. Nantinya yang mengelola bangunan lima lantai itu adalah Pemkot.

Ini merupakan rusunawa pertama yang dibangun di Kota Madiun. Karenanya pemerintah harus bersiap diri untuk mengelola bangunan tersebut. Hal itu sekaligus sebagai pembinaan terhadap warga yang akan menghuni rumah susun itu.

"Perlu ada persiapan matang dari Dinas Perkim. Tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat yang awalnya bertetangga, terus pindah ke rusun yang tingkat seperti ini. Ini perlu penjelasan kepada penghuni rusunawa," jelas dia kepada wartawan.

Bondan menilai bangunan serta kondisi ruangan di rumah susun tersebut sangat layak untuk dijadikan tempat hunian. Satu ruangan sudah ada dua kamar lengkap dengan tempat tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu. Dilihat dari tarif yang diterapkan juga sangat murah.

"Sangat tidak memberatkan. Satu bulan hanya Rp100.000. Itu dengan fasilitas yang ada. Tentu sangat murah," jelas dia.

Menurut dia, di rusunawa belum ada tempat parkir bagi kendaraan penghuni. Untuk itu, dia berharap pemerintah segera membangunkan tempat parkir untuk penghuni.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun, Soeko Dwi Handiyarto, mengatakan ada 70 kamar di rusunawa di Kelurahan Nambangan Lor tersebut. Untuk tarif sewa rusunawa, untuk lantai I yang diperuntukkan kaum difabel dan warga lanjut usia dengan biaya sewa Rp100.000 per bulan.

Lantai II dengan biaya sewa Rp230.000/bulan, lantai III Rp210.000/bulan, lantai IV Rp190.000/bulan, dan lantai V Rp170.000/bulan.