Harga Jengkol di Madiun Merosot Kini Hanya Rp20.000/Kg

Pasokan jengkol di Pasar Besar Madiun,Jumat (7/12 - 2018). melimpah karena terjadi panen raya jengkol di wilayah Madiun. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
07 Desember 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Kabar gembira bagi penggemar makanan berbahan jengkol di wilayah Madiun. Awal bulan ini, harga buah jengkol di Madiun merosot menjadi hanya Rp20.000/kg, padahal sebelumnya mencapai Rp50.000/kg.

Stok buah jengkol di pasaran pun cukup melimpah di sejumlah pasar di Kota Madiun seperti Pasar Besar dan Pasar Sleko.

Pedagang jengkol di Pasar Besar Madiun, Yatim, mengatakan sudah sepekan terakhir harga jengkol di Madiun turun cukup signifikan. Penurunan harga ini karena petani jengkol sedang panen raya.

"Saat ini harga jengkol per kilogramnya hanya Rp20.000, sebelumnya harga jengkol bisa mencapai Rp50.000/kg," ujar dia saat berbincang dengan Madiunpos.com, Jumat (7/12/2018).

Harga jengkol di Madiun sempat melonjak tajam hingga Rp50.000/kg. Kenaikan harga disebabkan oleh minimnya pasokan jengkol yang masuk ke Madiun. Selain itu, jengkol yang masuk juga dari luar kota bahkan luar pulau yakni biasanya mengambil dari Sumatra.

Yatim menuturkan panen raya jengkol di wilayah Madiun biasanya terjadi selama tuga bulan. Sehingga harga jengkol stabil rendah selama persediaan panen raya masih ada.

Hal senada juga dikatakan pedagang jengkol di Pasar Sleko, Suparti, 45. Dia menuturkan sejak sepekan lalu harga jengkol memang turun.

Suparti menuturkan penurunan harga jengkol ini karena terjadi panen raya buah jengkol di wilayah sekitar Madiun. "Sebelum panen raya. Kami ambilnya dari Jakarta dan Sumatra. Makanya harga jengkol kemarin-kemarin mahal," jelas dia. 

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya