Penumpang Kapal di Jatim Diprediksi Terdongkrak 3,4% Saat Libur Nataru

Ilustrasi kapal penumpang. (Bisnis/Endang Muchtar)
07 Desember 2018 00:05 WIB Peni Widarti Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memprediksi arus penumpang kapal di pelabuhan yang dikelola perusahaan pelat merah itu bakal meningkat sekitar 3,4% dibandingkan tahun lalu pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat, mengungkapkan arus penumpang kapal yang berangkat (embarkasi) pada momen Nataru tahun lalu mencapai 58.634 orang dan yang datang (debarkasi) mencapai 62.208 orang.

“Nataru tahun ini kami prediksikan akan naik tipis sekitar 59.220 orang untuk embarkasi dan 64.323 orang untuk debarkasi,” katanya dalam rilis yang diterima Bisnis/JIBI, Rabu (5/11/2018).

Fariq Hidayat mengatakan khusus Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Nataru nanti diperkirakan mencapai lebih dari 30.622 penumpang yang terdiri atas 17.990 penumpang yang berangkat, dan 12.632 orang yang datang.

“Puncak arus penumpang diprediksi pada tanggal 22 Desember 2018, karena merupakan awal liburan Hari Raya Natal," ujarnya.

Faruq Hidayat menjelaskan mayoritas penumpang yang berangkat dan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berasal dan dari Pelabuhan Makasar dan Balikpapan. Sedangkan pelabuhan-pelabuhan lain yang juga ramai ialah tujuan Banjarmasin, Sampit, dan Kumai, di Pulau Kalimantan.

“Potensi armada yang dapat melayani para penumpang sejumlah 17 kapal dari BUMN Pelni dan 19 kapal dari perusahaan pelayaran swasta,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi peningkatan penumpang, Pelindo III akan menyiapkan posko yang diperkuat oleh instansi pemerintah, KSOP, kesehatan dan KP3, serta penyediaan fasilitas tambahan seperti tenda, kursi, toilet portable, dan tempat sampah.

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Bisnis Indonesia