Mloko Sewu, Cara Asyik Menikmati Keindahan Telaga Ngebel Ponorogo

Pengunjung berfoto selfie dengan latar belakang Telaga Ngebel di Mloko Sewu, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Sabtu (24/11 - 2018). (Madiunpos.com/AbdulJalil)
03 Desember 2018 14:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Masyarakat Ponorogo, Jawa Timur, dan sekitarnya tentu tidak tidak asing dengan Telaga Ngebel. Telaga yang berada di Kecamatan Ngebel, Ponorogo, itu sangat terkenal karena keindahan alamnya dan legenda terciptanya danau alami tersebut.

Namun, selama ini pengunjung hanya bisa menikmati dan mengakses keindahan Telaga Ngebel dari satu sisi saja. Padahal keindahan alam telaga yang memiliki keliling 5 Km itu bisa dinikmati dari sisi lain, contohnya dari atas.

Sekelompok pemuda dan warga Desa Pupus, Kecamatan Ngebel membuka tempat wisata baru yang diberi nama Mloko Sewu. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam kawasan Telaga Ngebel dilihat dari ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Untuk menuju ke lokasi wisata yang baru dibuka ini, pengunjung hanya perlu menempuh jarak sekitar 15 menit dari titik Telaga Ngebel. Akses jalan untuk menuju ke lokasi sudah dibuka dan jalannya pun sudah dibeton. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir untuk menuju ke lokasi. Namun, pengunjung wajib hati-hati karena jalan ke lokasi menanjak dan berkelok.

Di sepanjang perjalanan, di kanan kiri jalan mata pengunjung akan dimanjakan dengan hutan pinus yang menjulang tinggi dan rindang. Suara burung pun saling bersautan mengiringi perjalanan hingga sampai di lokasi.

Sesampainya di lokasi, untuk pengunjung yang membawa kendaraan bisa langsung masuk ke arena wisata. Setiap orang akan ditarik biaya masuk Rp5.000.

Berbagai tanaman bunga di taman menyambut kedatangan pengunjung. Taman bunga ini sengaja ditata pengelola wana wisata ini. Puluhan pohon pinus yang terlihat kokoh pun membuat suasana menjadi lebih natural.

Tidak hanya taman bunga, tempat wisata tersebut pun sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet, enam gazebo, warung kopi, rumah pohon, dan spot foto selfie. Di lahan milik Perhutani sekitar 1,5 hektare itu para pengunjung bisa menikmati setiap jengkal keindahan alam ciptaan Tuhan.

Yang menarik, di spot selfie di arena wisata ini mengambil background pemandangan alam Telaga Ngebel. Jadi pengunjung bisa berfoto dengan berlatar belakang keindahan telaga dan kawasan hutan.

Pemandangan ini menjadi jualan utama di Mloko Sewu. Tidak hanya bisa berfoto, pengunjung juga bisa menikmati berkumpul dengan orang tercinta di gazebo dengan mata langsung mengarah ke hamparan pemandangan yang indah.

Saat Madiunpos.com berkunjung ke Mloko Sewu, Sabtu (24/11/2018) pagi, sejumlah pengunjung sudah berdatangan ke lokasi itu. Mereka terlihat kagum dengan keindahan alam yang ditawarkan dan berfoto bersama. Ada pula pengunjung yang menikmati alam di lokasi itu dengan bercengkerama di gazebo yang telah disediakan.

Seorang pengunjung, Rahayu, mengatakan tempat wisata ini menawarkan hal berbeda untuk menikmati Telaga Ngebel. Di Mloko Sewu Ponorogo, ia bisa melihat Telaga Ngebel dari ketinggian dan berfoto pun semakin menarik.

"Kalau di Telaga Ngebel saja sudah bosen. Jadi saat tahu ada Mloko Sewu ini ya langsung ke sini. Saya sudah dua kali ke sini. Ke sini untuk refreshing pemandangannya bagus. Fotonya jadi bagus," kata warga Pagotan, Kabupaten Madiun itu.

Pengelola Mloko Sewu, Fery Andrianto, 30, menyampaikan tempat wisata ini menampilkan view Telaga Ngebel yang bisa dinikmati dari ketinggian 800 MDPL. Sebenarnya tempat wisata ini sudah dibuka warga sejak 2017 lalu. Namun karena pengelolaannya terkesan seadanya, tidak banyak warga yang tertarik untuk datang.

Dia mengaku tertarik untuk mengelola tempat wisata ini karena melihat potensi alam yang cukup memikat. Selanjutnya dia bersama Agus Mujiyanto dengan semangat sama untuk mengembangkan potensi wisata alam ini. Warga pun digandeng untuk bersama-sama membangun Mloko Sewu supaya lebih layak dikunjungi wisatawan.

"Kami kemudian mengajukan izin ke Perhutani untuk pengelolaan wisata hutan ini. Proposal kami pun disetujui dan kami mulai menata kembali tempat wisata ini dengan konsep yang berbeda," kata dia yang mengaku telah mendapatkan izin dari Perhutani sejak Agustus 2018.

Fery mengklaim keindahan Telaga Ngebel akan terlihat paripurna saat dilihat dari Mloko Sewu. Hijaunya air telaga yang dikelilingi hijaunya pepohonan membuat kesan semakin asri dan menarik. Selain itu, pada saat sore hari Mloko Sewu juga bisa sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam.

Sebenarnya Mloko Sewu ini belum di-launching, namun, pengunjung sudah banyak yang datang untuk menikmati alam di sini. Meskipun memanfaatkan lahan Perhutani, ia mengklaim tidak memotong satu pohon pun yang ada kawasan hutan itu.

"Kami juga akan mengkampanyekan kepada pengunjung untuk tidak merusak hutan. Kami tidak mengubah bentuk hutan di sini," ujar dia.

Setiap hari ada puluhan orang datang untuk mengunjungi Mloko Sewu Ponorogo. Pada akhir pekan, wisatawan bisa mencapai seratusan orang.

Dengan melihat potensi yang ada, pihaknya berencana secara bertahap akan mengembangkan kawasan wisata ini baik dari sisi penginapan, kelengkapan wahana, hingga paket wisata terusan di kawasan Ngebel. 

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya