TKW Ponorogo Meninggal Dunia di Taiwan, Ini Penyebabnya

Ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). (Solopos/Dok)
02 Desember 2018 15:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Seorang wanita tenaga kerja (TKW) asal Ponorogo , Fitria Eka Wati, meninggal dunia di Taiwan karena sakit. Jenazah Fitria tiba di rumah duka di Dusun Walikukun, Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo, Sabtu (1/12/2018) subuh.

TKW berusia 30 tahun itu sempat mendapat perawatan di rumah sakit di Taiwan sebelum akhirnya meninggal dunia. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo, Bedianto, mengatakan Fitria Eka Wati merupakan TKW asal Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, yang telah bekerja selama delapan tahun di Taiwan.

Ibed, sapaan akrabnya, menuturkan Fitria bekerja di Taiwan sebagai asisten rumah tangga. Perempuan yang belum menikah itu mengalami sakit di bagian perut dan sempat dirawat di rumah sakit Taiwan selama 10 hari dan pada 19 November 2018 meninggal dunia.

"Meninggalnya 19 November lalu. Kemudian dikirim ke Indonesia menggunakan pesawat. Tadi subuh baru sampai di rumah duka," ujar Ibed saat dihubungi Madiunpos.com, Sabtu.

Dia menuturkan seluruh biaya pengiriman jenazah ditanggung Pemkab Ponorogo. Kapolsek Sukorejo, AKP Harijadi, menambahkan jenazah saat tiba di rumah duka langsung dimasukkan ke dalam rumah dan diperlihatkan kepada orang tuanya.

Setelah dinyatakan jenazah tersebut anaknya, baru jenazah disalatkan dan dimakamkan di pemakaman umum Desa Bangunrejo. "Selama perjalanan dan proses pemakaman berjalan lancar. Jenazah sampai rumah duka sekitar pukul 05.00 WIB," ujar dia.