2 Rumah di Tulungagung Jebol Diterjang Longsor

Warga dan petugas melihat tembok rumah yang jebol diterjang tanah longsor di Desa Pagerwojo, Tulungagung, Jumat (30/11 - 2018). (Antara/Ist))
30 November 2018 16:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Tanah longsor yang dipicu hujan deras menerjang dua rumah warga di Desa Pagerwojo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (30/11/2018). Kedua rumah itu rusak parah diterjang material longsor.

Berdasarkan pantauan, dua rumah warga di Desa Pagerwojo yang terdampak longsor adalah milik Kaslan, 64, dan Sinto, 60. Material tanah tebing setinggi 25 meter bergeser dan mengenai sebagian tembok rumah Kaslan dan Sinto.

"Ini sudah kedua kalinya, sebelumnya tahun 2014 lalu juga pernah terkena longsor, tapi ini yang paling parah," ungkap Kaslan.

Tak ada korban jiwa dalam musibah itu karena saat kejadian keluarga Kaslan maupun Sinto sudah berada di luar rumah. Kaslan dan sejumlah warga sejak awal sudah khawatir akan terjadi longsor.

Intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak Kamis (29/11/2018) sore, membuat mereka memilih untuk tidak berada di dalam rumah.

Saat ini Kaslan bersama keluarga berencana untuk mengungsi di rumah salah seorang kerabat mereka. Mereka khawatir longsor susulan akan terjadi dan semakin memperparah kondisi rumah.

Kaslan berharap pemerintah memberikan bantuan dan melakukan pembersihan material saat tanah sudah tidak labil. "Kalau malam kita akan tidur di rumah saudara saja," tuturnya.

Kepala Desa Pagerwojo Adi Setyono menjelaskan wilayah itu merupakan salah satu kawasan rawan bencana longsor, terutama saat musim hujan tiba. Struktur tanah kurang kuat menyebabkan longsor mudah terjadi, terutama saat hujan deras.

Pihak desa sendiri berencana akan melakukan gotong royong membersihkan material longsor, saat kondisi tanah sudah stabil. "Ini tanah masih terus bergerak sehingga rawan longsor susulan," ungkap Adi Setyono.

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara