KONI Kota Madiun Bakal Dapat Anggaran Rp5,9 Miliar, Ini Peruntukannya

ilustrasi anggaran. (Solopos/Dok)
29 November 2018 18:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Dana sebesar Rp5,9 miliar akan diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat pada tahun 2019 guna memberikan pembinaan yang layak bagi para atlet setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Madiun Rusdiyanto mengatakan dana yang dikucurkan tersebut naik drastis dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya dialokasikan Rp800 juta.

"Kenaikan signifikan ini karena beberapa sebab. Pada prinsinya, melalui dana tersebut Pemkot Madiun ingin ada perhatian lebih kepada olahraga dan atletnya," ujar Sekda Rusdiyanto di Madiun, Kamis (29/11/2018).

Dia menambahkan dana Rp5,9 miliar tersebut akan digunakan untuk sejumlah keperluan yang tujuannya meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan atlet serta pelatihnya.

Di antaranya, untuk memaksimalkan keikutsertaan atlet Kota Madiun di ajang Porprov Jatim 2019. Rinciannya, sebesar Rp3,1 miliar untuk anggaran rutin dan pemusatan latihan atlet yang akan bertanding di ajang Porprov Jatim.

Dana juga digunakan untuk pembinaan atlet saat pra-Porprov Jatim sebesar Rp700 juta dan selama pelaksanan membutuhkan dana sebesar Rp2 miliar.

Kemudian, dana juga digunakan untuk melakukan pembibitan atlet yang diawali dari pertandingan pekan olahraga pelajar tingkat Kota Madiun. Juga untuk pelatihan-pelatihan bagi para pelatih yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan atlet.

Dana juga digunakan untuk pemusatan latihan atlet berprestasi. Baik tingkat kota maupun regional. Atlet juga dapat menggunakan sarana dan prasarana olahraga yang disediakan oleh Pemkot Madiun.

Selain peningkatan fasilitas, pihaknya juga berharap para atlet Kota Madiun mengikuti kejurda-kejurda di berbagai kegiatan. Hal itu penting guna mengasah kesiapan dan kemampuan dari atlet sendiri.

Sekda menambahkan tambahan dana yang signifikan itu juga untuk mengaktifkan kembali kegiatan kepengurusan KONI Kota Madiun yang selama ini pasif.

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk menyimak lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara