Gedung 5 Lantai Ponpes Al Azhar Ambruk, Bupati Gresik Imbau Ini

Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S Bintoro, meninjau lokasi ambruknya bangunan Ponpes Al Azhar di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (27/11 - 2018) malam. (Antara/Dok.Polres Gresik)
29 November 2018 06:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, GRESIK -- Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, meminta masyarakat untuk mengurus perizinan pada setiap bangunan yang didirikan. Tujuannya agar bisa dilakukan pemantauan oleh tim pemerintahan setempat.

Imbauan itu disampaikan Bupati Gresik pascakejadian ambruknya bangunan lima lantai Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Azhar Nurul Izza yang beralamat di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

"Kami mengimbau, seluruh masyarakat agar mengurus perizinan setiap ada pembangunan. Sehingga dari sisi konstruksi bangunan juga bisa dipantau," katanya, Rabu (28/11/2018).

Sambari menambahkan perizinan dimaksudkan agar konstruksi suatu bangunan dapat diperhitungkan, terutama layak atau tidaknya suatu perencanaan.

Menanggapi hal itu, pengasuh Ponpes Al-Azhar Nurul Izza Gresik, K.H. Syu'aib, mengatakan pola pembangunan ponpes sudah dilakukan dengan cermat.

"Tidak ada itu bangunan miring. Belum ada pula lantai ambrol. Jadi semuanya dicek oleh tukang, semuanya bagus. Demi Allah, itu saya yang tanya langsung sendiri," katanya.

Disinggung terkait keterlibatan santri dalam pekerjaan pembangunan, dia memang mengakui. Namun perannya bersifat membantu. Untuk tenaga pekerja utamanya tetap memakai jasa tukang.

Sebelumnya, Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S Bintoro mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ambruknya bangunan ponpes, Selasa (27/11/2018) malam. Sebanyak 100 santri putri (santriwati) yang tinggal di asrama tersebut sudah diungsikan.

"Untuk korban jiwa dan luka-luka nihil Mas, sebab santriwati yang menempati asrama tersebut sudah diungsikan," kata Wahyu kepada wartawan.

Sementara itu hingga kini lokasi ponpes yang ambruk sudah diamankan dengan garis polisi, untuk penyelidikan lanjutan oleh pihak Polres Gresik.

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk menyimak lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara