Anggota TNI Malang Tercepat di Dhirot #1 Running 10 K Madiun

Pelari mencapai garis finis Dhirot 1 Running 10 K setelah melintasi rute keliling Kota Madiun, Minggu (25/11 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
26 November 2018 08:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 2.600 pelari mengikuti Dhirot #1 Running 10 K yang digelar Korem 081/Dhirotsaha Jaya Madiun, Minggu (25/11/2018) pagi.

Ribuan pelari dari berbagai daerah itu beradu cepat melalui rute sepanjang 10 km di wilayah Kota Madiun.

Dalam event untuk memperingati Hari Juang Kartika dan HUT ke-73 Kodam V/Brawijaya itu, pelari putra yaitu Fatur Wardi menjadi yang tercepat dengan membukukan waktu 35 menit 7 detik. Fatur Wardi merupakan anggota TNI dari Divisi II Malang.

Trios meraih juara kedua dengan catatan waktu 35 menit 12 detik, dan Noce Matital finis posisi ketiga dengan 35 menit 28 detik.

Untuk kategori putri, juara pertama diraih Adela M, dengan catatan waktu 45 menit 5 detik. Waliyanti sebagai juara kedua mampu finis 45 menit 57 detik, sedangkan Indah Yuniarti di posisi ketiga dan catatan waktu 46 menit 40 detik.

Kepala Staf Korem (Kasrem) 081/DSJ Letkol Inf Agus Faridianto mengatakan jumlah peserta Dhirot #1 Running 10K melebihi target 2.000 orang.

Peserta pun tidak hanya dari wilayah Madiun dan sekitarnya, melainkan juga dari luar kota bahkan luar provinsi seperti Magelang, Jawa Tengah.

"Animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini cukup besar. Pesertanya membeludak," ujar dia.

Agus menyampaikan event itu diharapkan tidak hanya membuat peserta sehat, tetapi juga bisa melahirkan bibit-bibit pelari potensial yang mampu berprestasi dan mengharumkan nama bangsa.

Dalam kegiatan itu peserta tidak dipungut biaya pendaftaran atau gratis untuk mengikutinya.

Terkait pemilihan rute lari, kata dia, memang sengaja mengelilingi wilayah perkotaan supaya peserta tahu perkembangan Kota Madiun.

Pemenang lomba lari mendapat uang pembinaan total Rp10 juta.

"Lari olahraga ringan tapi banyak manfaat. Sengaja kami memilih lari sekaligus memperlihatkan pembangunan di Kota Madiun," kata dia.

Salah satu pemenang lomba lari, Noce Matital, mengaku disiplin berlatih lari dan memperbaiki pola makan. Selain itu, Noce menghindari merokok dan minum es.

"Saya saat ini berusia 40 tahun dan memiliki tiga anak. Saya disiplin berlatih," kata warga Cepu ini. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya