KPU Kota Madiun Segera Melelang 2.000 Kotak Suara, Berminat?

Kotak suara baru untuk Pemilu 2019. (Antara/Istimewa)
14 November 2018 14:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Ribuan kotak suara lama berbahan aluminium milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun segera dijual dengan sistem lelang. Waktu pelelangan belum dipastikan karena KPU Kota Madiun masih menunggu surat edaran dari KPU RI.

Ketua KPU Kota Madiun Sasongko mengatakan lelang kotak suara lama tersebut telah sesuai dengan instruksi KPU RI. "Kotak suara yang lama akan dilelang oleh KPU, namun prosesnya kapan, kami menunggu surat dari KPU RI," ujar Sasongko  kepada wartawan di Madiun, Selasa (13/11/2018).

Menurut dia, ketentuan pelelangan kotak suara lama tersebut juga mengacu pada aturan bahwa pada Pemilu 2019 nanti, kotak suara tidak lagi berbahan dasar aluminium, tetapi kertas karton.

Adapun, jumlah kotak suara aluminium yang saat ini tersimpan di gudang KPU Kota Madiun diperkirakan mencapai 2.000 kotak suara.

Nantinya, lanjut Sasongko, uang hasil penjualan kotak suara KPU yang lama tidak masuk ke KPU, melainkan dikembalikan ke kas negara.

Data KPU Kota Madiun mencatat, kotak suara lama berbahan aluminium yang dimiliki KPU Kota Madiun tersebut telah digunakan untuk kelancaran pemilu dan pilkada selama 14 tahun terakhir.

Yaitu, tiga periode pelaksanaan pemilu mulai tahun 2004, 2009, dan 2014, baik pileg dan pilpres. Selain itu juga pilkada, mulai dari pilkada kota hingga pemilihan gubernur.

"Secara umum, kondisi kotak suara lama berbahan aluminium, terpantau masih bagus dan utuh karena dirawat," katanya.

Sementara, untuk Pemilu 2019, KPU Kota Madiun telah menerima sebanyak 3.199 kotak suara baru dari KPU RI. Kotak suara baru tersebut berbahan dasar karton yang saat ini disimpan di gudang KPU setempat yang baru, yakni di salah satu bangunan di kompleks Wisma Haji Kota Madiun. 

Sumber : Antara