Dinkes Kota Madiun Bagikan Tips Usir Penyakit Saat Penghujan

ilustrasi demam berdarah. (Solopos/Dok)
14 November 2018 04:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Masyarakat Kota Madiun, Jawa Timur, diimbau mewaspadai penyebaran penyakit yang menyerang saat musim hujan. Selain menjaga kondisi kesehatan tubuh, warga setempat juga diminta menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes & KB) Kota Madiun, Ismudoko, mengatakan saat musim hujan, biasanya terdapat beberapa penyakit di lingkungan tempat tinggal yang mudah menyerang.

"Antara lain, penyakit flu, demam, diare, dan terutama adalah peyakit demam berdarah serta malaria," ujar Ismudoko kepada wartawan di Madiun, Selasa (13/11/2018).

Dia menambahkan untuk mencegah serangan penyakit demam berdarah, malaria, dan chikungunya, warga diimbau untuk rajin melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui kegiatan 3M plus, yakni, menguras, menutup, dan mendaur ulang.

Dikutip dari laman depkes.go.idyang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau antinyamuk, menggunakan kelambu, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, dan lain-lain.

Lebih lanjut, Ismudoko juga meminta warga mengantisipasi jika ada lahan yang rimbun dan tidak terawat di sekitar rumah, sebab lokasi-lokasi tersebut menjadi tempat berkembangnya nyamuk.

"Karena itu, juga perlu ada kerja sama antarmasyarakat dengan melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan agar wilayahnya tidak menjadi sarang pertumbuhan nyamuk demam berdarah," kata dia.

Hal penting lainnya, warga juga diminta menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, mengatur asupan makanan yang bergizi, olahraga, dan istirahat cukup.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara