Hujan Batu Hambat Evakuasi Truk Tertimpa Longsor di Jalan Trenggalek-Ponorogo

Petugas membantu mengevakuasi truk yang tertimpa material longsor di jalan raya Trenggalek-Ponorogo Km 16, Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Trenggalek, Jatim, Jumat (9/11 - 2018). (Antara/Istimewa)
09 November 2018 20:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TRENGGALEK -- Truk sarat muatan telur yang tertimpa material longsor di jalur provinsi Trenggalek-Ponorogo Km 16, tepatnya di ruas jalan Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Kamis (8/11/2018) malam, akhirnya berhasil dievakuasi pada Jumat (9/11/2018).

Kapolsek Tugu Iptu Bambang Purwanto di Trenggalek, Jumat, mengatakan evakuasi truk sempat terkendala longsor yang masih terus terjadi di lokasi kejadian.

Kendati guguran material dari atas tebing tidak besar, hujan batu ke badan jalan sekitar truk yang masih terjebak di tengah jalan, dianggap membahayakan. "Baru setelah alat berat datang dan operator siap kami langsung melakukan evakuasi truk," kata dia.

Bambang Purwanto menambahkan kondisi truk yang ringsek bagian depan cukup menyulitkan petugas dalam proses evakuasi. Alat berat terpaksa menyeret truk hingga posisi aman, sebelum truk diderek menjauh dari lokasi longsoran dan dibawa ke bengkel.

"Tadi pagi [pukul 08.39 WIB], truk telah berhasil kami evakuasi, sedangkan untuk muatan berupa telur telah dipindahkan ke kendaraan lain yang lebih aman," katanya.

Bambang Purwanto menjelaskan sopir dan kernet truk saat ini masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Dia menerangkan korban atas nama Satria, 27, sopir truk asal Desa Bendil Putih, Kecamatan Talun, Blitar, saat ini dirujuk ke RSUD Syaiful Anwar Malang, karena kondisinya cukup parah dengan patah tulang di beberapa bagian tubuh.

Sementara kernet truk, Didik, 30, warga Desa Tumpang, Kecamatan Kanigoro, Blitar, kondisinya sudah berangsur membaik dan mendapat perawatan intensif di RSUD dr. Soedomo Trenggalek.

Insiden terjadi pada Kamis malam sekitar pukul 20.00 WIB, saat beberapa kendaraan dari arah Trenggalek maupun Ponorogo mencoba melintas daerah itu setelah sebelumnya akses antarkota ditutup total akibat longsoran serupa.

Sehari sebelumnya, Rabu (7/11/2018), sekitar pukul 19.00 WIB, longsor juga terjadi di lokasi yang sama. Bahkan, longsor sempat membuat akses lumpuh atau putus total hingga Kamispagi pukul 05.00 WIB.

Setelah evakuasi material longsor, arus lalu lintas di jalan itu diterapkan sistem buka tutup. Namun, pada Kamis malam, kembali terjadi longsor susulan yang menimpa truk nahas tersebut. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara