Cuma 137 Peserta Tes CPNS Kabupaten Madiun Lolos TKD

ILustrasi peserta tes CPNS. (Solopos/Tri Rahayu)
09 November 2018 16:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Peserta tes kompetensi dasar (TKD) seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Madiun yang lolos hanya 137 orang. Padahal, jumlah peserta TKD CPNS Kabupaten Madiun sebanyak 2.897 orang.

Dari 137 peserta yang lolos TKD terdiri dari formasi honorer sebanyak dua orang, formasi cumlaude sebanyak dua orang, guru sebanyak 32 orang, medis sebanyak 37 orang, dan tenaga teknis sebanyak 65 orang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun, Tontro Pahlawanto, mengatakan Kabupaten Madiun dalam seleksi CPNS tahun 2018 mendapatkan jatah formasi sebanyak 349. Dari jatah ini, paling banyak yaitu formasi tenaga pendidikan sebanyak 187 posisi.

Dia menuturkan jumlah peserta TKD menggunakan sistem CAT sebanyak 2.897 orang. Mereka telah mengikuti TKD di Asrama Haji Kota Madiun selama tiga hari pada Sabtu-Senin (3-5/11/2018).

"Tes CPNS untuk Kabupaten Madiun telah berjalan lancar dan baik. Saya justru mengkhawatirkan hasil tesnya. Hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Dari 349 formasi yang ada, hanya ada 137 peserta yang lolos TKD," kata dia di Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, Jumat (9/11/2018).

Menurut Tontro, dengan hasil tes ini tentu banyak formasi yang tidak terpenuhi. Sehingga rekrutmen CPNS ini tidak mampu menutupi kebutuhan kekurangan CPNS yang ada di Pemkab Madiun.

Para peserta yang telah lolos TKD ini, ujar dia, nantinya juga akan mengikuti tes kompetensi bidang. Diperkirakan tidak seluruh peserta yang telah lolos TKD akan lolos TKB.

"Nanti habis ini kan ada tes kompetensi bidang. Saya yakin hanya separuh saja yang lolos TKB," ujar Tontro.

Lebih lanjut, kebutuhan untuk tenaga kesehatan dan pendidikan ini sangat penting. Karena tenaga mereka sangat dibutuhkan untuk menunjang pelayanan di Pemkab Madiun.

Dia menyebut sebagian besar peserta CPNS memang terganjal dengan nilai di tes karakteristik pribadi (TKP). TKP sendiri merupakan salah satu komponen yang harus dipenuhi dalam TKD. Poin yang harus dipenuhi untuk TKP formasi umum yaitu 143. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya