Bambu Tumbang Tutup Jalur Wisata Telaga Ngebel Ponorogo

Petugas membersihkan rumpun bambu yang tumbang dan menutup jalan utama menuju ke Telaga Ngebel Ponorogo, Selasa (6/11 - 2018). (Istimewa/BPBD Ponorogo)
06 November 2018 20:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Rumpun bambu di pinggir jalan Dusun Tumpuk, Desa Kemiri, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, ambrol dan menutup akses jalan utama ke kawasan wisata Telaga Ngebel, Ponorogo, Selasa (6/11/2018) pagi. Akibatnya, jalur wisata ke Telaga Ngebel dialihkan ke jalan alternatif.

Kabif Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Setyo Budiono, mengatakan rumpun bambu di jalan menuju Telaga Ngebel ambrol. Akibatnya tanaman bambu yang jumlahnya cukup banyak itu menutup jalan.

Budi menuturkan tanah di lokasi memang cukup gembur. Dan pada saat sebelumnya hujan mengguyur wilayah itu. Diduga tanah yang gembur itu tidak kuat menahan tanaman bambu dan kemudian tanah itu ambrol.

"Bambunya cukup banyak. Kalau dihitung diameternya sekitar lima meter," kata Budi, Selasa.

Jalan utama menuju ke Telaga Ngebel pun sempat tertutup dan tidak bisa dilalui kendaraan. Pengguna jalan dialihkan menggunakan jalur alternatif.

Petugas dari berbagai unsur mulai BPBD, Polri, TNI, dan dibantu warga datang ke lokasi untuk membersihkan bambu. Petugas menggunakan alat berat berupa ekskavator dan alat pemotong untuk membersihkan bambu yang menutup jalan.

Dibutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk membersihkan bambu-bambu tersebut. "Sekarang lalu lintas di lokasi sudah lancar," ujar Budi.