Tol Trans Jawa Bawa Angin Segar Bagi Eksportir Pacitan

Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo. (Madiunpos.com/Abdil Jalil)
03 November 2018 04:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pembangunan infrastruktur jalan tol Trans Jawa dan double track kereta api di Madiun diprediksi bisa mengerek perekonomian dan komoditas ekspor di Kabupaten Pacitan. Pembangunan infrastruktur ini juga bisa menjadi angin segar bagi para pelaku usaha di Pacitan.

Akses transportasi dan jalan memang menjadi salah satu faktor kunci kemajuan ekonomi.

Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, mengatakan salah satu kendala yang dihadapi Pacitan selama ini adalah persoalan transportasi massal. Karena dengan kondisi Pacitan yang lokasinya jauh tentu akan membutuhkan biaya sangat mahal untuk mengirim barang ekspor.

"Kalau kita mau ekspor barang kan harus ada kontainer untuk mengangkut barang itu. Kontainer itu ambilnya dadi Surabaya, kan jaraknya jauh itu," ujar dia seusai mengikuti Seminar Investasi Manufaktur dan Pariwisata yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Kediri di Hotel Sun City Madiun, Jumat (2/11/2018).

Perjalanan darat yang harus ditempuh kontainer yang akan mengirim barang juga lama yaitu mencapai sembilan jam dari Pacitan ke Surabaya. Untuk pengurusan bea cukai juga harus di Surabaya.

Sumbogo menyampaikan kalau nantinya akses jalan tol dan double track di Madiun sudah berfungsi sepenuhnya tentu akan mempersingkat waktu pengiriman barang. Apalagi dengan adanya angkutan massal seperti kereta api.

Apalagi kalau nanti di Madiun dilengkapi dengan kawasan industri dan depo kontainer. Tentu akan semakin mempermudah pengusaha Pacitan dalam mengekspor produknya.

"Jadi nanti ngurus bea cukainya kan bisa sekalian di Madiun. Madiun kan sudah ada kantor bea cukai. Jadi ga usah jauh-jauh," jelas dia.

Beberapa komoditas ekspor dari Pacitan yaitu ada kayu lapis dan batu alam. Untuk kayu lapis sudah diekspor ke beberapa negara Eropa seperti Belanda dan sejumlah negara di Asia.

Dengan adanya akses yang lebih mudah dan dukungan transportasi massal, ia berharap perekonomian Pacitan bisa lebih berkembang.

Dia optimistis akses transportasi berupa jalan tol dan double track di Madiun akan semakin mendongkrak kunjungan wisatawan di Pacitan. Karena Pacitan memiliki berbagai tempat wisata alam indah. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya