Pemkab Ponorogo akan Tambah Angkutan Gratis untuk Antar Jemput Pelajar

Ilustrasi pelajar (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
02 November 2018 12:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Pemerintah Kabupaten Ponorogo bakal menambah kendaraan untuk program Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) pada tahun 2019. Pemkab Ponorogo juga akan mengusulkan anggaran untuk program ini mencapai Rp2 miliar.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan saat ini program ACS ini telah melibatkan 41 kendaraan angkuran dengan anggaran senilai Rp1,3 miliar selama satu tahun. Program itu pun mendapat sambutan baik.

Bahkan program ACS ini mendapatkan penghargaan sebagai Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) tingkat Jawa Timur 2018 pada kategori Tata Kelola Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang efektif, efisien, dan berkinerja tinggi.

Ipong menuturkan Pemkab Ponorogo akan menambah kendaraan angkutan menjadi sebanyak 60 unit. Angkutan ini nantinya akan melayani pelajar yang hendak berangkat dan pulang sekolah.

 “Untuk anggarannya mungkin mencapai Rp2 miliar untuk satu tahun,” jelas dia yang dikutip Madiunpos.com dalam siaran pers, Kamis (1/11/2018).

Dinas Perhubungan Ponorogo telah bekerja sama dengan sejumlah pengusaha angkutan. Angkutan yang ikut dalam program ini akan melayani para pelajar saat berangkat maupun pulang secara gratis.

Untuk pelajar yang telah memanfaatkan program ini ada sebanyak 600 sampai 650 pelajar. “Harapannya, nanti bisa sampai seribuan pelajar yang terangkut. Kami berharap DPRD akan menyetujui,” ujar Ipong.

Menurut dia, peningkatan anggaran ibukan sekadar untuk menambaj unit angkutan tapi juga meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kendaraan.

ACS merupakan program dari Pemkab Ponorogo yang memfasilitasi pelajar setingkat SMP dan SMA agar bisa berangkat dan pulang sekolah dengan mudah secara gratis.

Program ini muncul untuk menekan tingginya angka kecelakaan dengan pelaku dan korban para pelajar karena banyak pelajar yang menaiki kendaraan meski belum cukup umur untuk mendapatkan SIM.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya