IPM Kota Madiun 80,13% Ranking ke-3 Tertinggi se-Jatim

Balai Kota Madiun. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
01 November 2018 22:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun mengalami kenaikan 4,15 persen selama rentang waktu tujuh tahun terakhir. Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, pada tahun 2010 capaian IPM Kota Madiun sebesar 75,98 persen.

Sedangkan capaian IPM Kota Madiun tahun 2017 sudah sebesar 80,13 persen.

"Capaian ini menempatkan Kota Madiun di urutan ketiga daerah peraih IPM tertinggi di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. IPM di atas 80 persen merupakan kategori sangat tinggi. Sedang, di bawah 60 masuk kategori rendah," ujar Kepala BPS Kota Madiun Firman Bastian dalam kegiatan Forum Kehumasan Perkembangan Pembangunan Daerah Kota Madiun Berdasar Data Statistik di gedung diklat setempat, Rabu (31/10/2018).

Dia menambahkan IPM sangatlah penting sebagai indikator kinerja pemerintah dalam pembangunan manusia alias non-fisik. Sebab, IPM dipengaruhi oleh berbagai hal, di antaranya kesehatan dan pendidikan.

"Capaian sejumlah item di dalamnya, termasuk kesehatan dan pendidikan, harus cukup baik untuk mendongkrak IPM yang tinggi," katanya.

Sementara, Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan terdapat beberapa hal yang fokus untuk dikembangkan agar IPM Kota Madiun tinggi. Yakni, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan layanan kesehatan.

Untuk pendidikan, Pemkot Madiun terus berupaya agar rata-rata lama sekolah mencapai 11,1 tahun. Di bidang kesehatan, pemkot juga telah melakukan banyak program kesehatan gratis yang berkualitas mulai dari bayi hingga lansia.

Tentu, muaranya adalah capaian angka harapan hidup di Kota Madiun yang tinggi yakni mencapai 72,48 tahun. Artinya, rata-rata masyarakat Kota Madiun dapat mencapai usia 72 tahun.

Kesimpulannya, keberhasilan pembangunan, entah itu fisik maupun nonfisik, bukan keberhasilan wali kotanya tapi keberhasilan semua pihak. "Karena dalam mewujudkannya butuh kerja sama dan peran serta seluruh elemen, termasuk masyarakat," kata Wali Kota Sugeng. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara