Operasi Zebra hingga 12 November 2018, Polres Madiun Fokus 7 Pelanggaran Ini

Ilustrasi razia kendaraan. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)
01 November 2018 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Tujuh bentuk pelanggaran lalu lintas yang rawan menyebabkan terjadinya kecelakaan menjadi fokus perhatian aparat Polres Madiun selama Operasi Zebra Semeru tahun 2018 berlangsung.

Operasi Zebra Semeru 2018 akan digelar selama 14 hari mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018. Operasi tersebut digelar dalam rangka cipta kondisi sebelum Operasi Lilin Semeru 2018 dan menghadapi momentum Natal 2018 dan tahun baru 2019. 

"Dalam Operasi Zebra 2018, Polres Madiun akan melaksanakan penegakan hukum terhadap potensi-potensi pelanggaran yang menimbulkan fatalitas kecelakaan dengan korban meninggal dunia," ujar Kapolres Madiun AKBP I Made Agus Prasatya seusai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2018 di Lapangan Tri Brata Polres Madiun, Selasa (30/10/2018).

Dia mengatakan tujuh potensi pelanggaran yang menimbulkan fatalitas kecelakaan tersebut meliputi tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendara dalam pengaruh alkohol/narkoba, pengendara di bawah umur, menggunakan HP saat berkendara, dan berkendara melawan arus.

Untuk menjaring pelanggaran lalu lintas tersebut, Polres Madiun akan menempatkan personel di sejumlah titik yang dianggap rawan pelanggaran. "Kami akan gelar personel di titik-titik maupun lokasi sasaran yang memang berpotensi terjadi pelanggaran fatal," katanya.

Di antaranya di titik jalur nasional, seperti jalur Madiun-Suranya, Madiun-Ngawi, Madiun-Ponorogo, dan Madiun-Magetan.

Ia menambahkan karena Operasi Zebra Semeru 2018 kali ini bertepatan dengan tahapan kampanye Pemilu 2019, maka pelaksanaan operasi akan menyesesuaikan dengan kondisi lapangan.

"Kami juga harus fokus mengamankan pelaksanaan tahapan kampanye Pemilu 2019, kemudian juga melaksanakan Operasi Zebra Semeru 2018. Jadi harus disesuaikan dengan jadwal dari KPU dan operasi zebra," tambahnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara