PDAM Kabupaten Malang Pasok 10 Tangki Air Gratis/Hari untuk Pelanggan

Ilustrasi air bersih (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
23 Oktober 2018 00:05 WIB Choirul Anam Madiun Share :

Madiunpos.com, MALANG — Sebanyak 10 truk tangki air bersih per hari dipasok ke sejumlah lokasi di empat kecamatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang terdampak kekeringan. Wilayah yang terdampak kemarau berada di Kecamatan Donomulyo, Pagak, Lawang, dan Singosari. 

Layanan air bersih di empat kecamatan tersebut, karena debit air di sumber di sana memang berkurang terdampak musim kemarau. Bahkan ada sumber di Donomulyo, pengurangan debitnya mencapai hampir 50%.

Pejabat Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang Eko Priyo Ardianto mengatakan pengiriman air bersih ke pelanggan sebanyak itu bersamaan pula dengan adanya kerusakan pompa di Pakis.

“Tapi masalah kerusakan pompa di Pakis sudah dapat diatasi. Jadi pengiriman air bersih tinggal sebanyak 6 truk/hari yang masing-masing berkapasitas 4.000 liter,” ujarnya di Malang, Senin (22/10/2018).

Dia menyebut pasokan air bersih dikirmkan bukan karena layanan air bersih dari PDAM tidak ada, melainkan karena pasokan airnya memang berkurang.

Sebagai tanggung jawab perusahaan, PDAM Kabupaten menambal kekurangan pasokan air tersebut dengan mengirim air bersih dengan menggunakan truk tangki. “Jadi air yang kami pasok dengan menggunakan truk tangki itu gratis, tidak masuk dalam rekening pelanggan,” ujarnya.

Pelanggan di empat kecamatan yang mendapatkan pasokan tambahan air bersih sebanyak 8.000 satuan sambungan rumah.

Kekurangan pasokan ke pelanggan tersebut, menurut dia, terjadi sejak dua pekan lalu. Namun pasokan air ke pelanggan diperkirakan lancar saat sudah memasuki penghujan karena debit air di sumber-sumber di daerah tersebut sudah tinggi lagi.

Terkait layanan air bersih untuk masyarakat terkait dengan musim kemarau untuk masyarakat umum nonpelanggan, kata Eko, PDAM Kabupaten Malang, prinsipnya perusahaan daerah tersebut siap membantu pemda untuk memasok air.

Namun sampai saat ini PDAM Kab. Malang masih belum memperoleh permintaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat untuk memasok air ke desa-desa tertentu. Dalam memasok air bersih ke warga terkait dengan musim kemarau, PDAM Kabupaten Malang hanya bersifat membantu dan mendukung dari program Pemkab Malang.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya