Pimpinan Komisi VI DPR Cek Kinerja PT Inka di Madiun

Rombongan Wakil Ketua Komisi VI DPR, Azam Azman Natawijana, mengunjungi PT Industri Kereta Api (Inka) di Kota Madiun, Kamis (11/10 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
11 Oktober 2018 22:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Wakil Ketua Komisi VI DPR, Azam Azman Natawijana, beserta rombongan mengunjungi PT Industri Kereta Api (Inka), Kamis (11/10/2018) siang. Kunjungan kerja ini untuk memantau kondisi perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang pembuatan kereta api itu.

Selain anggota Komisi VI DPR ada pula Asisten Deputi Pertambangan Industri Strategi & Media Kementerian BUMN, Yuni Suryanto. Rombongan itu diterima Direktur Produksi PT Inka Bayu Waskito.

"Kami ke sini untuk melakukan pengawasan terhadap korporasi PT Inka. Karena PT Inka merupakan perusahaan yang mendapat modal dari negara," kata Azam Azman Natawijana kepada wartawan.

Dia mengatakan wakil rakyat ingin mengetahui pertumbuhan perusahaan hingga saat ini. Setelah dilakukan peninjauan, Azam mengaku pertumbuhan perusahaan manufaktur kereta api ini sangat bagus. Apalagi saat ini PT Inka telah memenuhi kebutuhan dari dalam dan luar negeri.

Berdasarkan laporan dari PT Inka, kata Azam, untuk pasar domestik PT Inka sedang menyelesaikan 438 kereta penumpang dan 31 trainset Light Rail Transit (LRT) Jabodebek pesanan PT KAI.

Sedangkan pesanan dari luar negeri, PT Inka sedang menyelesaikan pesanan sebanyak 250 kereta penumpang dari Bangladesh.

Tahun depan, PT Inka akan mengekspor tiga lokomotif, enam trainset diesel multiple unit (DMU), dan 15 kereta penumpang untuk diekspor Filipina.

Lebih lanjut, Azam mendorong pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menggunakan produk-produk transportasi massal dari PT Inka. Ini untuk menekan ketergantungan impor dari luar negeri.

Rombongan DPR RI ini juga mengunjungi dan memantau aktivitas para pekerja PT Inka dalam membuat kereta api. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya