Kompleks Kantor UPT Pengairan Provinsi Jawa Timur Terbakar

Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Kota Madiun berhasil memadamkan api yang membakar gudang kayu di kompleks kantor UPT Pengairan Provinsi Jawa Timur yang ada di Jl. Pahlawan, Kota Madiun, Senin (8/10 - 2018) malam. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
09 Oktober 2018 08:40 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN – Kebakaran terjadi di kompleks kantor UPT Pengairan Provinsi Jawa Timur yang ada di Jl. Pahlawan, Kota Madiun, Senin (8/10/2018) malam. Tumpukan kayu yang ada di kompleks kantor tersebut ludes dilalap api.

Kasi Damkar Satpol PP Kota Madiun, Anang Dwi Sulistyanto, mengatakan pihaknya mendapatkan informasi ada kebakaran di lokasi kantor UPT Pengairan Provinsi Jatim di Jl. Pahlawan. Beberapa saat kemudian, petugas damkar masuk ke kompleks perkantoran itu dan melihat api makin membesar.

Dia menuturkan kebakaran di kantor UPT milik pemprov ini melumat gudang kayu yang ada di lokasi. Tumpukan kayu yang ada di lokasi pun ludes terbakar.

Tumpukan kayu tersebut merupakan kayu bekas bangunan lama kantor UPT. Api diduga bersumber dari pembakaran sampah yang dilakukan di dekat tumpukan kayu.

"Ingat kalau ini musim kemarau. Harus hati-hati terhadap perilaku api. Kalau mau membakar sampah juga harus bisa mengondisikan," kata dia kepada wartawan.

Anang menyampaikan untuk memadamkan api yang membakar tumpukan kayu tersebut dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Petugas terlebih dahulu harus mengurai tumpukan kayu dan genteng yang tercampur menjadi satu. Hal ini supaya air bisa meresap ke kayu yang terbakar sehingga api bisa segera dipadamkan.

"Ini yang terbakar tumpukan kayu. Tapi yang berbahaya dampaknya, kanan kiri kan banyak bangunan. Apalagi di sini berjajar kantor-kantor," ujar dia.

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati saat membakar sampah. Saat membakar sampah harus dijaga jangan sampai merembet ke lokasi lainnya.