Pemkab Ponorogo Kirim 2 Brigade Penolong ke Palu

Kerusakan akibat gempa dan tsunami di sekitar pesisir pantai jalan Raja Moili Palu Timur, Palu, Sabtu (29/9 - 2018). (Antara/Zainuddin Min)
02 Oktober 2018 08:40 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO – Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengirim dua brigade penolong untuk ikut membantu proses evakuasi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu serta Donggala. Dua brigade penolong dari Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo itu akan bergabung dengan tim SAR di lokasi bencana.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo, Sumani, mengatakan ada dua brigade penolong dari Dinsos yang dikirimkan ke lokasi bencana di Palu-Donggala. Kedua personel yang dikirim tersebut sudah berpengalaman melakukan pertolongan dan evakuasi di kondisi pasca-gempa dan tsunami.

Kedua brigade itu secara pengalaman juga pernah ikut membantu evakuasi saat gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004 lalu. Saat ini, keduanya masih dalam perjalanan ke Palu.

"Mereka akan membantu evakuasi. Mereka juga akan melaporkan secara berkala kondisi terkini di sana. Mereka juga akan menyurvei hal-hal yang dibutuhkan para korban bencana. Entah nanti barang apa atau tenaga. Nanti apa yang dibutuhkan di sana akan kita kirim," kata Sumani dalam siaran pers yang dikutip Madiunpos.com, Senin (1/10/2018).

Pihaknya juga memfasilitasi kegiatan penyaluran bantuan untuk korban bencana di Palu dan Donggala beserta penggalangannya. Namun, penggalangan dan untuk bencana harus tetap sesuai prosedur sehingga dipertanggungjawabkan.

Lebih lanjut, untuk penggalangan kepada para PNS yang ingin menyumbangkan kepada korban gempa dan tsunami Palu-Donggala, Sumani menyampaikan pihaknya masih melaporkan hal ini kepada Sekda Ponorogo sebagai pimpinan tertinggi PNS Ponorogo.

"Kita upayakan secepatnya. Begitu nanti ada petunjuk akan kita laksanakan. Itu kan hal yang baik," terang dia. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)