8,5 Ha Hutan di Slahung Ponorogo Dilalap Si Jago Merah

Ilustrasi api (wikipedia.org)
01 Oktober 2018 14:35 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Lahan hutan seluas 8,5 hektare milik Perum Perhutani di wilayah Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terbakar pada Minggu (30/9/2018) malam.

Kapolsek Slahung, AKP Paidi, di Ponorogo, Senin (1/10/2018), menyebutkan hutan yang terbakar berada di kawasan Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Slahung, Bagian Pemangkuan Hutan (BKPH) Ponorogo Selatan.

"Kawasan hutan yang terbakar berada di petak 112 RPH Slahung, BKPH Ponorogo Selatan, di wilayah Desa Galak, Truneng, dan Simo," jelasnya.

Menurut dia, kawasan yang terbakar merupakan hutan dengan tanaman pohon alba.

Paidi membeberkan kebakaran hutan tersebut pada awalnya diketahui oleh para petugas Perum Perhutani yaitu Santoso, Gaguk, dan Edi Suroso yang kemudian melaporkan ke Polsek Slahung.

"Petugas perhutani tersebut melihat kebakaran semak belukar dan rumput kering di kawasan hutan dengan tanaman pohon alba," tuturnya.

Mendapat laporan tentang adanya kebakaran tersebut, anggota Polsek Slahung bersama petugas Perhutani, personel TNI dan masyarakat berusaha memadamkan api dengan cara tradisional dan alat seadanya.

Menurut Paidi, petugas dan masyarakat tetap memantau kondisi kebakaran, karena kekhawatiran api akan menjalar ke permukiman penduduk.

Sumber : Antara