Dapat WTP, Pemkot Madiun Dapat Tambahan Anggaran

ilustrasi anggaran. (Solopos/Dok)
30 September 2018 11:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun bakal menerima tambahan anggaran dana intensif daerah (DID) dari Kementerian Keuangan.

Tambahan anggaran ini diberikan karena Pemkot Madiun mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun anggaran 2017.

Predikat WTP atas laporan keuangan tahun anggaran 2017 diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Jumat (28/9/2018) di Surabaya. WTP dari Kementerian Keuangan ini memantapkan predikat serupa yang diberikan BPK beberapa waktu lalu.

"Ini merupakan tindak lanjut predikat WTP dari BPK. Ini suatu capaian luar biasa kita bersama," kata Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, Sabtu (29/9/2018).

Selain mendapatkan penghargaan, kata dia, daerah penerima WTP juga mendapatkan tambahan anggaran dari pusat melalui DID. Nilai DID itu minimal Rp1 miliar untuk predikat daerah WTP.

DID yang diterima Pemkot Madiun diprediksi bertambah karena predikat penghargaan atas laporan keuangan yang diterima Kota Madiun itu meningkat dibanding sebelumnya Wajar dengan Pengecualian (WDP) pada 2016.

Dia menyampaikan besaran DID yang diterima Pemkot Madiun diprediksi sekitar Rp7,5 miliar. Hal ini karena ada beberapa kriteria telah terpenuhi mulai dari kenaikan predikat penghargaan, ketepatan waktu pelaporan, tingkat pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional.

Bahkan laju pertumbuhan ekonomi Kota Madiun terbaik di Jawa Timur dan daerah lain di pulau Jawa pada triwulan pertama tahun 2018. Namun, laju inflasi di Kota Madiun juga cukup tinggi.

"Tambahan anggaran dari pos DID ini tentu saja berpengaruh pada APBD Kota Madiun ke depan. Artinya, anggaran untuk masyarakat juga meningkat. DID ini bakal diberikan pada 209," jelas Sugeng.