Warga Ramai-Ramai Memanen Ikan di Waduk Saradan Madiun

Warga mencari ikan di Waduk Saradan Madiun yang mengering saat musim kemarau, Jumat (28/9 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
28 September 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Puluhan warga mencari ikan di Waduk Saradan yang mengering, Jumat (28/9/2018) siang. Waduk yang berada di Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, itu debit airnya menyusut drastis selama musim kemarau.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi, Jumat siang, sejumlah warga baik laki-laki maupun perempuan mencari ikan di waduk yang airnya tinggal sedikit itu. Hampir seluruh bagian waduk telah mengering dan tanahnya pecah-pecah.

Bangkai ikan pun bertebaran di dasar waduk yang mengering itu. Sehingga memunculkan bau tak sedap di kawasan waduk.

Warga yang mencari ikan di waduk yang mengering itu menggunakan berbagai cara. Ada yang hanya menggunakan tangan kosong untuk menangkap ikan, ada yang menggunakan jaring, serok, hingga menggunakan pemukul.

Tidak hanya orang dewasa saja yang mencari ikan di waduk yang telah mengering itu. Anak-anak juga ikut mencari ikan degan menggunakan tangan kosong. Ikan-ikan yang ada di waduk lebih mudah diambil karena kondisi air sangat sedikit.

Setiap orang mendapatkan ikan dengan berbagai ukuran dan jenis berkilo-kilogram. Ada yang dua kilogram, tiga kilogram, hingga lima kilogram.

Salah seorang warga, Rebo, 50, mengaku mencari ikan di Waduk Saradan Madiun yang sudah mengering sejak pukul 07.00 WIB. Hingga pukul 11.00 WIB, dia sudah mendapatkan ikan sebanyak 2 kg.

"Tadi ke sini sama tetangga. Saya baru hari ini ke Waduk Saradan untuk mencari ikan. Alhamdulillah dapat banyak ini. Tinggal ngambil saja," ujar dia saat berbincang dengan dengan Madiunpos.com.

Petani ini mengaku sengaja tidak ke sawah untuk mencari ikan di Waduk Saradan. Ikan-ikan yang didapatkan nantinya akan dimakan untuk lauk. Dia hanya menggunakan tangan kosong untuk mengambil ikan-ikan tersebut.

Warga lainnya, Gamin, mengatakan hari ini merupakan hari kedua dirinya ke Waduk Saradan untuk mencari ikan. Dia sudah sejak pukul 09.00 WIB mencari ikan dengan menggunakan jaring. Dalam waktu tak lebih dari tiga jam, warga Desa Sugihwaras tersebut telah mendapatkan ikan sebanyak 7 kg.

"Ini nanti ikannya mau dijual ke warung dan sebagian dimakan sendiri. Ini ada ikan wader, betik, gabus, nila, dan lainnya," terang Gamin. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya