Pemkot Madiun Beri Ratusan Vaksin Rabies Gratis

Ilustrasi pemberian vaksin rabies. (Harian Jogja/Desi Suryanto)
27 September 2018 14:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Para pemilik kucing dan anjing di Kota Madiun bisa mendapatkan vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan mereka. Vaksin rabies gratis disediakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Madiun guna mendukung program bebas rabies.

"Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap bulan September," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Madiun Muntoro Danardono, di Madiun, Rabu (26/9/2018)                                                                                        .

Dia menjelaskan melalui kegiatan tersebut, pemkot tidak hanya berharap Kota Madiun bebas dari rabies, namun juga meningkatkan kesadaran masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, terlebih kucing dan anjing, untuk memberikan vaksin.

"Hal ini sebagai tindakan pencegahan. Jangan sampai binatang kesayangan sakit, apalagi sakit rabies yang rawan menularkan virus ke manusia," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, dinas telah memberikan vaksin gratis untuk 150 ekor kucing dan 100 ekor anjing. Adapun, pemilik hewan peliharaan wajib memilki KTP Kota Madiun.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Cahyarini Budiarti mengatakan vaksinasi rabies hendaknya dilakukan berkala setiap satu tahun sekali, sejak usia hewan enam bulan.

Hal itu sebagai salah satu upaya pencegahan karena hewan peliharaan kucing dan anjing merupakan salah satu hewan pembawa rabies yang rentan tertular.

Ia menambahkan rabies menular melalui gigitan ataupun air liur. Oleh karena itu, pemilik hewan harus memperhatikan asal usul hewan yang akan dipelihara.

"Untuk Jawa Timur masih bebas dari rabies. Adapun wilayah yang rawan rabies terdapat di Jawa Barat dan Bali," katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara